PENGEMBANGAN KARAKTER
Pengembangan karakter diri saat ini sangatlah penting selain untuk mengetahui secara pasti jati
diri juga untuk memupuk mental yang kuat. Begitu juga dalam hal belajar, konsep
utama belajar adalah selain untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan juga
sebagai pembentuk karakter diri siswa. Hal ini bisa di buktikan dengan
memperhatikan dan mengidentifikasi sikap manusia sesuai dengan pendidikannya. Misalnya
sikap dan pola pikir dalam belajar Mahasiswa
dengan siswa SMP atau SMA.
1.
Temukan makna yang sangat berarti sebagai
motivasi.
1.
Belajar Mandiri, dalam mengikuti program D1
Teknik Komputer dan Jaringan Vokasi Berkelanjutan Institut Teknologi Bandung
saya di tuntut untuk belajar mandiri mencari penjelasan dan mengembangkan materi
yang di berikan dosen untuk lebih memahami apa yang di maksud dari materi
tersebut.
2.
Inisiatif, inisiatif sangatlah di perlukan untuk
menumbuhkan rasa kemandirian dan keingin tahuan terhadap materi yang di
berikan, sehingga saya mengetahui dan memahami secara lebih luas materinya.
3.
Visi dan Misi, meyusun dan menjalankan visi dan
misi yang ingin di capai selama mengikuti Program D1 ITB ini. Berusah menjalankan
visi dan misi sesuai yang di harapkan.
4.
Percaya
Diri, dengan kepercayaan diri yang tinggi akan menumbuhkan rasa semangat dalam
menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan.
5.
Mempraktikan materi, untuk dapat lebih memahami
dan menguasai materi yang di berikan kita mengaplikasikannya di kehidupan
sehari-hari baik dalam pekerjaan, maupun dalam kehidupan social lainnya.
2.
Evaluasi kegiatanmu sehari-hari
JAM
|
KEGIATAN
|
23.00-05.00
|
Tidur Malam dan Bangun Tidur
|
05.00-05.15
|
Shalat Subuh
|
05.15-06.30
|
Beres-Beres
|
06.30-07.30
|
Sarapan
|
07.30-09.00
|
Berangkat Kerja
|
09.00-12.00
|
Bekerja
|
12.00-13.00
|
Istirahat, Shalat dan Makan
|
13.00-18.00
|
Bekerja, Shalat dan Pulang
|
18.00-18.15
|
Istirahat, Shalat dan Makan
|
18.15-18.30
|
Mandi
|
18.30-20.00
|
Belajar
|
20.00-20.15
|
Shalat Isya
|
20.15-23.00
|
Nonton TV dan Tidur Malam
|
3.
Buatlah rencana kegiatanmu sehari-hari
JAM
|
KEGIATAN
|
23.00-05.00
|
Tidur Malam dan Bangun Tidur
|
05.00-05.15
|
Shalat Subuh dan Mengkaji Al-Qur’an
|
05.15-06.30
|
Beres-Beres
|
06.30-07.30
|
Sarapan
|
07.30-09.00
|
Berangkat Kerja
|
09.00-12.00
|
Bekerja
|
12.00-13.00
|
Istirahat, Shalat dan Makan
|
13.00-18.00
|
Bekerja, Sambil Cek Tugas di LSKK dan Shalat
|
18.00-18.45
|
Pulang, Istirahat, Shalat Mengkaji
Al-Qur’an dan Makan
|
18.45-19.00
|
Mandi
|
19.00-20.00
|
Belajar dan Mengerjakan Tugas
|
20.00-20.15
|
Shalat Isya
|
20.15-23.00
|
Nonton TV dan Tidur Malam
|
4.
Rancanglah Cara Belajar Mandiri
a)
Lama
1.
Mengidentifikasi tema dan tujuan materi
2.
Mempelajari materi dan mencari bahan untuk di pelajari
3.
Mengaplikasikan materi kedalam tugas yang di
berikan
b)
Sekarang
1.
Fase Identifikasi : Mengidentifikasi tema dan tujuan
materi yang ada di modul sebagai bahan yang akan di pelajari.
2.
Fase Mengakses (Invite) : Mengakses pengetahuan
terdahulu yang sudah ada untuk tujuan mengetahui apa saja yang sudah di ketahui
tentang materi yang di berikan selama ini.
3.
Fase Menyelidiki (Eksplorasi): Menyelidiki dan
mempelajari pengetahuan yang di miliki terdahulu apakah sudah benar, setengah
benar atau salah. Selanjutnya memperbaiki dan lebih mengeksplorasi materi
dengan diskusi, mencari bahan materi di internet, membaca buku dsb.
4.
Fase Menjelaskan (Explain): Memperkenalkan
konsep baru yang berkaitan dengan konsep pada fase eksplorasi dan memberikan
kesempatan pada siswa untuk menghubungkan pemahaman baru dengan pengetahuan
terdahulu. Instruktur harus mendorong siswa untuk menjelaskan konsep dengan
kalimat mereka sendiri dengan saling menghargai dan mendengarkan.
5.
Fase Merinci (Elaborate) : Menerapkan hasil
pemahaman baru pada konteks yang berbeda. Dengan cara memberikan latihan tugas
tentang pemahaman baru tsb.
6.
Fase Menilai (Evaluasi): Mengevaluasi hasil
belajar yang telah di lakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar