Slide

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Jumat, 11 Januari 2019

CONTOH RISET TEKNOLOGI INFORMASI - ANALISA KERJA SENSOR PENGGERAK PADA MINI SKUTER RODA ELEKTRIK SMART BALANCE WHEEL DI PT. DELTA INDOTRADA


RISET TEKNOLOGI INFORMASI

ANALISA KERJA SENSOR PENGGERAK PADA MINI SKUTER RODA ELEKTRIK SMART BALANCE WHEEL DI PT. DELTA INDOTRADA



























DIBUAT OLEH

SUKMAWI
NIM 31815029

MUHAMMAD TAUFIK
NIM 31815030




PROGRAM STUDI REKAYASA SISTEM KOMPUTER
STMIK INDONESIA
2018

KATA PENGANTAR

  Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya penulis dapat menyelesaikan laporan riset teknologi informasi tentang “Analisa Kerja Sensor Penggerak Pada Mini Skuter Roda Elektrik Smart Balance Wheel Di PT. Delta Indotrada” Laporan ini disusun sebagai salah satu persayaratan pengajuan TA/Skripsi dan Kelulusan mata kuliah Riset Teknologi Informasi

Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Yth :

1.    Bpk. Ir. Asep Wasid , MMPd selaku pembimbing yang telah meluangkan   waktunya serta memberikan bimbingan dalam menyusun laporan penelitian ini.
2.    Bpk. Ir. M. Thamrin Basri, MM selaku Ketua Jurusan Sistem Komputer STMIK INDONESIA JAKARTA
3.    Seluruh pimpinan dan staf Pt. Delta Indotrada yang sudah menyediakan tempat dan bahan penelitian
4.    Orang tua kami yang telah membantu baik moril maupun materi

         Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Jakarta, 10 Juli 2018


      Penulis

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................ i
DAFTAR ISI .......................................................................................................... ii
DAFTAR TABEL ................................................................................................. iv
DAFTAR GAMBAR ............................................................................................. v


BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang ............................................................................................... 1
1.2 Identifikasi Masalah  ...................................................................................... 2
1.3 Rumusan Masalah .......................................................................................... 3
1.4 Batasan Masalah  ............................................................................................ 3
1.5 Maksud dan Tujuan ........................................................................................ 4
    1.5.1  Maksud Penelitian................................................................................... 4
    1.5 .2  Tujuan Penelitian ................................................................................... 4
1.6 Metode Penelitian ........................................................................................... 4
   1.6.1  Metode Analisa ....................................................................................... 4
   1.6.2  Metode Pengumpulan Data ...................................................................... 5
   1.6.3  Metode Kepustakaan ............................................................................... 5
1.7 Sistematika Penulisan Laporan ....................................................................... 5

BAB II LANDASAN TEORI ............................................................................... 7
2.1 Teori Umum ................................................................................................... 7
    2.1.1 Pengertian Transportasi  .......................................................................... 7
    2.1.2 Pengertian Sensor .................................................................................... 8
    2.1.3 Jenis Sensor  ............................................................................................ 8
       2.1.3.1 Sensor Proximity ............................................................................... 8
       2.1.3.2 Sensor Magnet.................................................................................... 9
       2.1.3.3 Sensor Sinar/Cahaya .......................................................................... 9
       2.1.3.4 Sensor Ultasonik ............................................................................. 10
       2.1.3.5 Sensor Tekanan ............................................................................... 10
       2.1.3.6 Sensor Kecepatan (RPM) ................................................................. 11
      2.1.3.7 Sensor Penyandi (Encoder) .............................................................. 11
        2.1.3.8 Sensor Suhu ..................................................................................... 12
        2.1.3.9 Sensor Giroskop .............................................................................. 12
        2.1.3.8 Sensor Inframerah ........................................................................... 14

2.2 Teori Khusus ................................................................................................. 17
   2.2.1 Pengertian Smart Balance Wheel ............................................................. 17
   2.2.2 Komponen Smart Balance Wheel ............................................................ 18

BAB III TINJAUAN ORGANISASI ................................................................. 20
3.1 Profil Perusahaan ......................................................................................... 20
3.2 Delta Cycles ................................................................................................. 21
3.3 Struktur Organisasi ....................................................................................... 21
3.4 Tugas dan Tanggung Jawab .......................................................................... 22
3.5 Pelanksanaan Return dan Service Smart Balance Wheel .............................. 23

BAB IV PEMBAHASAN ................................................................................... 26
4.1 Sistem Kerja Perangkat ................................................................................. 26
   4.1.1 Bagaimana Smart Balance Wheel Mendeteksi Grankan Pengguna .......... 27
4.2 Komponen Utama Penggerak Roda Elektrik ................................................. 37
   4.2.1 Baterai .................................................................................................... 37
   4.2.2 Motherboard ........................................................................................... 38
   4.2.3 Sensor .................................................................................................... 42
       4.2.3.1 Sensor Giroskop .............................................................................. 42
       4.2.3.2 Sensor Infra Merah .......................................................................... 44
       4.2.3.3 Sensor Kemiringan dan Kecepatan .................................................. 45
   4.2.4 Motor/Roda ............................................................................................ 46
   4.2.5 Display/LED ........................................................................................... 51

BAB V PENUTUP ............................................................................................... 52
5.1 Kesimpulan................................................................................................... 52
    5.2 Saran......................................................................................................... 53

DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 55

 

DAFTAR TABEL


Tabel 4.1 Tabel Percobaan Sistem Kerja  ............................................................. 29
Tabel 4.2 Tabel Kedip Lampu Kesalahan  ........................................................... 39
Tabel 4.3 Tabel Hasil Pengujian Sensor IR  ......................................................... 45
Tabel 4.4 Tabel Hasil Pengujian Motor/Roda  ..................................................... 47
Tabel 4.5 Data  Pengujian Kondisi Maju SBW.................................................... 48
Tabel 4.5 Data  Pengujian Kondisi Mundur SBW................................................ 49
Tabel 4.5 Hasil Pengujian Akhir Motor/Roda SBW............................................. 50

DAFTAR GAMBAR


Gambar 2.1 Sensor Proxymity dan Rangkaiannya  ............................................... 8
Gambar 2.2 Sensor Cahaya dan Rangkaiannya  ................................................... 9
Gambar 2.3 Sensor Ultrasonik HC-SR-04 dan Rangkaiannya  .......................... 10
Gambar 2.4 Sensor Tekanan dan Rangkaiannya  ................................................ 10
Gambar 2.5 Sensor Kecepatan dan Rangkaiannya  ............................................ 11
Gambar 2.6 Sensor Suhu dan Contoh Rangkaiannya  ........................................ 12
Gambar 2.7 Sensor Gyroskop MPU-605............................................................. 12
Gambar 2.8 Ilustrasi Prinsip Kerja Gyroskop  ..................................................... 13
Gambar 2.9 Sensor Infrared ................................................................................ 14
Gambar 2.10 Smart Balance Wheel .................................................................... 17
Gambar 2.11Beberapa Komponen Pada Smart Balance Wheel .......................... 19
Gambar 3.1 Struktur Organisasi P. Deltaindotrada ............................................ 21
Gambar 3.2 Diagram Blok Penerimaan Barang Return ...................................... 25
Gambar 4.1 Switch Sensor/Sensor IR ................................................................. 27
Gambar 4.2 Letak Sensor Infrared ...................................................................... 27
Gambar 4.3 Diagram Blok Sistem Kerja Komponen .......................................... 28
Gambar 4.4 Baterai Smart Balance Wheel 4400mAh ......................................... 37
Gambar 4.5 Sketsa Motherboard ........................................................................ 40
Gambar 4.6 Motherboard Smart Balance Wheel................................................. 40
Gambar 4.7 Rangkaian Dogital Motherboard...................................................... 41
Gambar 4.8 Sensor Giroskop Pada Smart Balance ............................................. 42
Gambar 4.9 Grafik Sensor Giroskkop Saat Diam atau Tidak Berotasi................ 43
Gambar 4.10 Giroskop Sensor Giroskop Saat Berotasi....................................... 43
Gambar 4.11 Sensor Infra Merah Pada Smart Balance Wheel ........................... 44
Gambar 4.12 Pengujian Sensor PIR..................................................................... 44
Gambar 4.13 Sensor RPM Yang Tertanam Pada SBW....................................... 45
Gambar 4.14 Skema Pengujian Sensor Kecepatan............................................... 45
Gambar 4.15 Roda Smart Balance Wheel 6.5 Inch............................................. 45
Gambar 4.16 Grafik Putaran Roda SBW Terhadap Duty Cycles........................ 48
Gambar 4.16 Display LED Smart Balance Wheel............................................... 51

BAB I

PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang
Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun selalu mengalami kemajuan yang sangat pesat. Banyaknya fasilitas yang dihasilkan secara langsung berdampak kepada cara hidup manusia. Menjadikan gaya hidup pengguna teknologi ini semakin mudah dan lebih modern.
            Teknologi saat ini juga sudah mulai merambah ke berbagai bidang kehidupan dan tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi dapat meningkatkan efektivitas dan  efisiensi kerja pengguna. Salah satu teknologi yang sedang berkembang dalam bidang transportasi, baik transportasi jarak tempuh pendek maupun jarak tempuh jauh, Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
             Salah satu moda transportasi dengan teknologi baru-baru ini diciptakan yang sekaligus juga sebagai alat olahraga dan mainan. Alat transportasi modern ini disebut sebagai skuter mini swaimbang atau dalam bahasa Inggris adalah Smart Balance Wheel. Smart Balance Wheel ialah alat transportasi jarak pendek dimana pengguna mengoperasikannya dengan berdiri serta mengontrol gerakan alat itu dengan kaki serta keseimbangan tubuh. Sebagai penyeimbang gerakan pengguna perangkat ini menggunakan giroskop yang disematkan pada kedua rodanya. Disebut Smart karena peranti ini telah menggunakan teknologi cerdas kedalam peranti tersebut, terutama untuk mekanisme pergerakan motor didalam bannya. Pengoperasian perangkat ini cukup mudah untuk dioperasikan oleh siapa saja. Pengguna cukup berdiri pada alat tersebut dan mengontrol keseimbangan tubuh yang selanjutnya bisa mengatur laju maju mundurnya alat tersebut dengan menekankan kaki pada bagian sensor giroskop.
            Pada perangkat ini terdapat beberapa komponen utama sebagai pengendali kecepatan laju dan keseimbangan, salah satunya adalah sensor. Perangkat ini menggunakan beberapa sensor yaitu sensor giroskop, sensor inframerah, dan  sensor kemiringan atau kecepatan. Yang mana dari sensor-sensor tersebut saling berkaitan sehingga perangkat bisa bekerja dengan nyaman.
            Dalam mengatur laju kecepatan pada perangkat ini pengguna bisa menekankan bagian kaki pada bantalan sensor yang disediakan pada perangkat, dengan cara menekan kaki depan jika akan menambah laju kecepatan maju dan tekankan kaki belakang jika akan menghentikan laju atau rem. Pada perakteknya kontrol setiap orang dalam menjalankan perangkat ini berbeda-beda, sering kali pengguna reflek menekankan kaki terlalu menekan ke depan sehingga kecepatan laju perangkat tidak bisa dikontrol ataupun sebaliknya ketika kaki belakang terlalu menekan bantalan sensor perangkat akan melaju secara mundur dengan cepat dan sebaliknya untuk berhenti atau sebagai rem.
            Dari uraian diatas bahwa saat melanjukan perangkat ada beberapa komponen yang bekerja saat sensor ditekan oleh kaki pengguna. Untuk itu penulis bermaksud menganalisa cara kerja dari sensor-sensor tersebut sehingga perangkat bisa bekerja dalan judul riset ANALISA KERJA SENSOR PENGGERAK PADA MINI SKUTER RODA ELEKTRIK SMART BALANCE WHEEL DI PT. DELTA INDOTRADA.

1.2              Identifikasi Masalah
            Semakin popular sebuah perangkat pembantu aktifitas manusia maka akan semakin meningkat juga pengguna perangkat tersebut dan munculnya beberapa permasalah dari perangkat tersebut. Salah satu permasalah  yang terjadi dari Smart Balance Wheels ini adalah dibagian sensor penggerak, karena perangkat akan bisa digunakan dan berjalan apabila sensor penggerak bekerja, maka dari itu peneliti bermaksud mengambil permasalah ini untuk di analisa, berikut rincian identifikasi masalahnya :


a.    Terdapat lebih dari satu sensor pada perangkat.
b.    Untuk mengatur kecepatan pergerakan perangkat ini berasal dari sensor penggerak.
c.    Kontrol setiap orang dalam mengatur kecepatan yang dihasilkan dari sensor pada perangkat ini berbeda-beda
d.   Sensor penggerak tidak bekerja saat supplay aliran listrik dari baterai bermasalah atau kurang.

1.3              Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka rumusan malah penulis adalah :
a.    Komponen apa saja yang terdapat pada Smart Balance Wheels ?
b.    Sensor apa yang digunakan pada Smart Balance Wheels ?
c.    Bagaimana sensor penggerak bekerja pada Smart Balance Wheels ?
d.   Bagaimana keterkaitan antara komponen satu dengan lainnya, sensor satu dengan sensor lainnya ?
e.    Apa yang terjadi pada sensor penggerak dan komponen lainnya saat baterai bermasalah ?.

1.4         Batasan Masalah
Penulis menyadari ilmu pengetahuan yang dimiliki terbatas, adapun batasan masalah pada penelitian ini untuk membatasi ruang lingkup permasalahan yang ada yaitu sebagai berikut :
a.    Tidak Menjelaskan bagaimana Perangkat ini dibuat.
b.    Tidak menjelaskan detail rangkaian elektronika pada perangkat
c.    Tidak menjelaskan detail komponen elektrik pada perangkat
d.   Tidak menjelaskan pemograman pada perangkat
e.    Menjelaskan cara kerja komponen yang ada pada perangkat
f.     Menjelaskan cara kerja sensor penggerak dari perangkat hingga mengatur kecepatan pergerakan roda yang dihasilkan dari sensor penggerak.


1.5              Maksud dan Tujuan Penelitian
1.5.1        Maksud Penelitian
Maksud dari riset ini adalah untuk mengetahui cara operasi bagian-bagian pada alat transportasi jarak tempuh pendek tersebut terutaman pada bagian sensor. Sehingga dapat dijadikan acuan untuk penambahan komponen agar menjadi alat multifungsi atau bahkan pembuatan alat transportasi baru yang lebih canggih.

1.5.2        Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulisan riset ini adalah:
a.    Untuk memenuhi persyaratan kelulusan matakuliah Riset Teknologi Informasi
b.    Agar bisa mengikuti TA/Skripsi pada semester VIII jurusan Rekayasa Sistem Komputer di STMIK INDONESIA
c.    Mengetahui carakerja sensor penggerak pada perangkat Smart Balance Wheels
d.   Mengetahui rangkaian elektronika yang terdapat pada perangkat Smart Balance Wheels
e.    Mengetahui komponen yang ada pada rangkaian elektronika perangkat Smart Balance Wheels
f.     Menggunakan hasil penelitian ini untuk kemudian dikembangkan menjadi perangkat lain.

1.6              Metodologi Penelitian
Metode yang digunakan dalam penulisan riset ini meliputi tiga hal pokok, yaitu:
1.6.1        Metode Analisis
Pada tahap ini penulis melakukkan beberapa tahapan, diantaranya :
a.    Mengidentifikasi komponen-komponen yang ada pada perangkat serta mencatatnya
b.     Menganalisa cara kerja komponen-komponen tersebut serta menganalisa keterkaitan antara komponen satu dengan lainnya
c.    Survei mengenai proses pengoperasian perangkat pada pengguna di PT. Delta Indotrada
1.6.2        Metode Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data penulis melakukan :
a.    Wawancara dengan teknisi PT. Delta Indotrada
    Yaitu dengan menanyakan dan mencatat detail komponen yang ada pada perangkat serta kerusakan apa saja yang sering terjadi.
b.     Wawancara dengan pengguna perangkat.
    Yaitu dengan menanyakan dan mencatat bagaimana proses pengguna dalam menyeimbangkan badan saat mengunakan perangkat.
1.6.3        Metode Kepustakaan
Pada metode ini penulis mempelajari pustaka seperti jurnal, artikel, buku-buku, buku manual perangkat, dan beberapa website yang berhubungan dengan perangkat.

1.7              Sistematika Penulisan Laporan
     Untuk mengetahui secara ringkas permasalahan dalam penulisan Riset Teknologi Informasi ini, maka digunakan sistematika penulisan yang bertujuan untuk mempermudah pembaca menelusuri tulisan riset teknologi informasi ini. Sistematika penulisan ini dibagi menjadi 5 (lima) bagian, yaitu:

BAB I        PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang secara umum, ruang lingkup kerja praktek, waktu dan tempat pelaksanaan riset, tujuan dan manfaat, serta sistematika penulisan laporan.
BAB II    LANDASAN TEORI
Pada bab ini menjelaskan teori-teori yang menjadi acuan dalam penulisan riset, yaitu definisi istilah dan singkatan-singkatan yang digunakan pada riset ini.       




BAB III     TINJAUAN ORGANISASI
Pada bab ini penulis menguraikan tentang profil perusahaan, sejarah perusahaan, struktur organisasi perusahaan dan filosofi di dalam perusahaan, serta logo perusahaan.
BAB IV     PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis menjelaskan proses Riset Teknologi Informasi yang terdiri dari waktu dan tempat riset, pelaksanaan, Hasil Pengamatan, Pemecahan Masalah, dan kontribusi selama Riset.
BAB V       PENUTUP
Pada bab ini penulis menjelaskan mengenai kesimpulan serta saran yang berhasil ditarik dari seluruh pembuatan riset ini yang mungkin akan bermanfaat bagi PT Delta Indotrada dalam memutuskan kebijakan-kebijakan serta memasarkan produk berkualitas dan bermanfaat yang akan datang.

















BAB II
LANDASAN TEORI
2.1              Teori Umum
2.1.1        Pengertian Transportasi
            Pengertian transportasi menurut Steenbrink (1974), transportasi didefinisikan sebagai perpindahan orang atau barang dengan menggunakan kendaraan atau alat lain dari dan ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis. Menurut Morlok (1978) adalah kegiatan memindahkan atau mengangkut sesuatu dari suatu tempat ke tempat lain. Menurut Bowersox (1981), transportasi adalah perpindahan barang atau penumpang dari suatu tempat ke tempat lain, dimana produk dipindahkan ke tempat tujuan dibutuhkan..
            Pengertian transportasi juga dikemukakan oleh Papacostas (1987) dalam Setijadji, Aries (2006) transportasi didefinisikan sebagai suatu sistem yang terdiri dari fasilitas tertentu beserta arus dan sistem kontrol yang memungkinkan orang atau barang dapat berpindah dari suatu tempat ketempat lain secara efisien dalam setiap waktu untuk mendukung aktifitas manusia. Transportasi dari suatu wilayah adalah sistem pergerakan manusia dan barang antara satu zona asal dan zona tujuan dalam wilayah yang bersangkutan. Pergerakan yang dimaksud dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai sarana atau moda, dengan menggunakan berbagai sumber tenaga, dan dilakukan untuk suatu keperluan tertentu. Proses transportasi merupakan gerakan dari tempat asal, yaitu darimana kegiatan pengangkutan dimulai dan ke tempat tujuan, yaitu dimana kegiatan pengangkutan diakhiri.
            Sedangkan pengertian transportasi secara umum adalah pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Proses pengangkutan merupakan gerakan dari tempat asal, dari mana kegiatan angkutan dimulai, ke tempat tujuan, kemana kegiatan pengangkurtan diakhiri. Perpindahan dapat menempuh jarak yang dekat, sedang maupun jauh. Contoh alat transportasi perpindahan untuk jarak yang jauh, seperti dari tempat kerja ke tempat tinggal, dari satu kota ke kota lain maupun dari satu negara ke negara lain. Pada keseharian, terdapat alat transportasi atau alat bantu perpindahan jarak sedang di antaranya tangga berjalan (eskalator), ban berjalan (eskavator), atau papan yang dipakai untuk meluncur dari dataran yang lebih tinggi. 
2.1.2        Pengertian Sensor
            Sensor adalah peralatan yang digunakan untuk mengubah suatu besarab fisik menjadi besaran listrik sehingga dapat dianalisa dengan rangkaian listrik tertentu. Hampir seluruh peralatan elektronik yang ada mempunyai sensor didalanya. Pada saat ini, sensor tersebut telah dibuat dengan ukuran sangat kecil. Ukuran yang sangat kecil sangat memudahkan pemakaian dan menghemat energi. Sensor merupakan bagian dari transducer yang berfungsi unutk melakukan sensing atau “ merasakan dan menangkap “ adanya perubahan energi eksternal yang akn masuk ke bagian input dari transducer, sehingga perubahan kapasitas energi yang ditangkap segera dikirim kepada bagian konverter dari transducer untuk diubah menjadi energi listrik. Dalam lingkungan sistem pengendali dan robotika, sensor memberikan kesamaan yanag menyerupai mata, pendengaran, hidung, lidah yang kemudian akan diolah oleh kontroler sebagai otaknya. (Petruzella, 2001).

2.1.3        Jenis Sensor
2.1.3.1  Sensor Proximity

 





Gambar 2.1 Sensor proximity dan rangkainnya

            Sensor proximity merupakan sensor atau saklar yang dapat mendeteksi adanya target jenis logam dengan tanpa adanya kontak fisik.Biasanya sensor ini tediri dari alat elektronis solid-state yang terbungkus rapat untuk melindungi dari pengaruh getaran, cairan, kimiawi, dan korosif yang berlebihan. Sensor proximity dapat diaplikasikan pada kondisi penginderaan pada objek yang dianggap terlalu kecil atau lunak untuk menggerakkan suatu mekanis saklar. Proximity hanya mendeteksi "keberadaan" dan tidak memberi "kuantitas" dari obyek. Maksudnya, jika mendeteksi logam maka keluaran dari detektor hanya "ada" atau "tidak ada" logam. Proximity tidak memberikan informasi tentang kuantitas logam seperti jenis logam, ketebalan, jarak, suhu dan lain - lain. Jadi hanya "ada atau tidak ada" logam. Juga sama untuk non logam. Proximity untuk logam biasanya dengan "inductive proximity" sedang untuk non logam dengan "capacitive proximity" Didepan disebutkan "perangkat" karena sensor proximity sudah merupakan sirkuit yang terdiri dari beberapa komponen untuk dirangkai menjadi sebuah sistem yang bekerja sebagai proximity sensor. (Priyo Jatmiko, hal 39 ,2015).
2.1.3.2  Sensor Magnet
            Sensor Magnet atau disebut juga relai buluh, adalah alat yang akan terpengaruh medan magnet dan akan memberikan perubahan kondisi pada keluaran. Seperti layaknya saklar dua kondisi (on/off) yang digerakkan oleh adanya medan magnet di sekitarnya. Biasanya sensor ini dikemas dalam bentuk kemasan yang hampa dan bebas dari debu, kelembapan, asap ataupun uap. (Priyo Jatmiko, hal 40 ,2015)
2.1.3.3  Sensor Sinar / Cahaya
 




Gambar 2.2 Sensor Cahaya dan Rangkiannya


            Sensor sinar terdiri dari 3 kategori. Fotovoltaic atau sel solar adalah alat sensor sinar yang mengubah energi sinar langsung menjadi energi listrik, dengan adanya penyinaran cahaya akan menyebabkan pergerakan elektron dan menghasilkan tegangan. (Priyo Jatmiko, hal 42 ,2015).
            Demikian pula dengan Fotokonduktif (fotoresistif) yang akan memberikan perubahan tahanan (resistansi) pada sel-selnya, semakin tinggi intensitas cahaya yang terima, maka akan semakin kecil pula nilai tahanannya. Sedangkan Fotolistrik adalah sensor yang berprinsip kerja berdasarkan pantulan karena perubahan posisi/jarak suatu sumber sinar (inframerah atau laser) ataupun target pemantulnya, yang terdiri dari pasangan sumber cahaya dan penerima.
2.1.3.4  Sensor Ultrasonik
 






Gambar 2.3 Sensor Ultrasonik HC SR-04 dan Rangkaiannya

            Sensor ultrasonik bekerja berdasarkan prinsip pantulan gelombang suara, dimana sensor ini menghasilkan gelombang suara yang kemudian menangkapnya kembali dengan perbedaan waktu sebagai dasar penginderaannya. Perbedaan waktu antara gelombang suara dipancarkan dengan ditangkapnya kembali gelombang suara tersebut adalah berbanding lurus dengan jarak atau tinggi objek yang memantulkannya. Jenis objek yang dapat diindera diantaranya adalah: objek padat, cair, butiran maupun tekstil.
2.1.3.5  Sensor Tekanan




Gambar 2.4 Sensor Tekanan dan Ragkaiannya


Sensor tekanan ini memiliki transduser yang mengukur ketegangan kawat, dimana mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. Dasar penginderaannya pada perubahan tahanan pengantar (transduser) yang berubah akibat perubahan panjang dan luas penampangnya.
2.1.3.6  Sensor Kecepatan (RPM)
 





Gambar 2.5 Sensor Kecepatan dan Rangkaiannya

            Proses penginderaan sensor kecepatan merupakan proses kebalikan dari suatu motor, dimana suatu poros/object yang berputar pada suatui generator akan menghasilkan suatu tegangan yang sebanding dengan kecepatan putaran object. Kecepatan putar sering pula diukur dengan menggunakan sensor yang mengindera pulsa magnetis (induksi) yang timbul saat medan magnetis terjadi.
2.1.3.7  Sensor Penyandi (Encoder)
            Sensor Penyandi (Encoder) digunakan untuk mengubah gerakan linear atau putaran menjadi sinyal digital, dimana sensor putaran memonitor gerakan putar dari suatu alat. Sensor ini biasanya terdiri dari 2 lapis jenis penyandi, yaitu; Pertama, Penyandi rotari tambahan (yang mentransmisikan jumlah tertentu dari pulsa untuk masing-masing putaran) yang akan membangkitkan gelombang kotak pada objek yang diputar.
            Kedua, Penyandi absolut (yang memperlengkapi kode binary tertentu untuk masing-masing posisi sudut) mempunyai cara kerja sang sama dengan perkecualian, lebih banyak atau lebih rapat pulsa gelombang kotak yang dihasilkan sehingga membentuk suatu pengkodean dalam susunan tertentu.

2.1.3.8  Sensor Suhu
            Terdapat 4 jenis utama sensor suhu yang umum digunakan, yaitu thermocouple (T/C), resistance temperature detector (RTD), termistor dan IC sensor. Thermocouple pada intinya terdiri dari sepasang transduser panas dan dingin yang disambungkan dan dilebur bersama, dimana terdapat perbedaan yang timbul antara sambungan tersebut dengan sambungan referensi yang berfungsi sebagai pembanding. Resistance Temperature Detector (RTD) memiliki prinsip dasar pada tahanan listrik dari logam yang bervariasi sebanding dengan suhu. Kesebandingan variasi ini adalah presisi dengan tingkat konsisten/kestabilan yang tinggi pada pendeteksian tahanan.
 







Gambar 2.6 Sensor Suhu dan Contoh Rangkaiannya

            Jenis ini sangat peka dengan perubahan tahan 5% per C sehingga mampu mendeteksi perubahan suhu yang kecil. Sedangkan IC Sensor adalah sensor suhu dengan rangkaian terpadu yang menggunakan chipsilikon untuk kelemahan penginderanya. Mempunyai konfigurasi output tegangan dan arus yang sangat liner.
2.1.3.9  Sensor Giroskop





Gambar 2.7 Sensor Gyroskop MPU-6050
            Sensor gyroscope adalah sensor elektronik yang berfungsi untuk menentukan orientasi gerak dengan cara bertumpu pada sebuah roda atau cakram yang berotasi dengan kecepatan tinggi pada sumbu tertentu. Sensor gyro memiliki kemampuan dapat mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dapat mendeteksi gerakan penguna.
a.    Perinsip Kerja
Sensor gyroscope dapat mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau gerakan pengguna. Sebelum digunakan, sensor gyro terlebih dahulu dilakukan menggunakan bantuan bandul guna mendapatkan nilai faktor kalibrasi. Output dari sensor gyro berupa kecepatan sudut dari arah 3 sumbu, yakni sumbu x (kanan kiri), sumbu y (atas bawah), dan sumbu z (depan belakang).






Gambar 2.8 Ilustrasi Prinsip Kerja Gyroskop

b.   Kegunaan
1)   Di masa lalu, gyroscope sudah digunakan untuk navigasi,penggunaan kontrol rudal, dan penerbangan.
2)   Pada ponsel android Gyroscope dapat memberikan informasi orientasi tapi dengan lebih presisi sampai perputaran 360 derajat. Berkat sensor khusus ini, fitur kamera Android photo sphere dapat memberikan informasi berapa banyak perangkat telah diputar dan ke arah mana
3)   Gyroscope juga diterapkan pada game yang kebanyakan yaitu berupa game android dimana penggunaan pada game contohnya adalah sebuah game berbasis 3D dan memiliki ruang yang cukup luas, sebagai contoh pada sebuah game biasanya kita harus mengusap layar ke berbagai arah untuk melihat ruang disekitar,namun dengan adanya alat ini pengguna hanya harus menggerakan gadget searah dengan arah yang diinginkan.
c.     Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan penggunaan giroskop ini adalah :
1)   Dapat mendeteksi gerakan dari segala arah.
2)   Hasil gambar yg di hasilkan dari gerakan lebih halus/tidak patah-patah seperti    pada accelerometer.
3)   Tidak di pengaruhi oleh gravitasi.

Dan kekurangannya adalah :
1)   Harganya yang cukup mahal.
2)   Hanya dapat digunakan jika ada accelerator.

2.1.3.10                      Sensor Inframerah

 






Gambar 2.9 Sensor Infrared

            Infrared (IR) detektor atau sensor infra merah adalah komponen elektronika yang dapat mengidentifikasi cahaya infra merah (infra red, IR). Sensor infra merah atau detektor infra merah saat ini ada yang dibuat khusus dalam satu modul dan dinamakan sebagai IR Detector Photomodules. IR Detector Photomodules merupakan sebuah chip detektor inframerah digital yang di dalamnya terdapat fotodiode dan penguat (amplifier). Bentuk dan Konfigurasi Pin IR Detector Photomodules TSOP.
            Untuk sensor elektronik dengan menggunakan Infra Merah diperlukan pemancar Infra Merah yang dapat menghasilkan gelombang Infra Merah dan pendeteksi Infra Merah yang dapat mendeteksi gelombang Infra Merah. Infra Merah adalah suatu gelombang cahaya yang mempunyai panjang gelombang lebih tinggi dari pada cahaya merah. Table 2.1 menunjukkan spektrum cahaya tampak dan cahaya Infra Merah.
            Sinar infra merah tergolong ke dalam sinar yang tidak tampak. Jika dilihat dengan spektroskop sinar maka radiasi sinar infra merah tampak pada spektrum gelombang elektromagnet dengan panjang gelombang diatas panjang gelombang sinar merah. Dengan panjang gelombang ini, sinar infra merah tidak dapat dilihat oleh mata tetapi radiasi panas yang ditimbulkannya masih terasa. Sinar infra merah tidak dapat menembus bahan-bahan yang mana sinar tampak tidak dapat menembusnya.

a.    Karakteristik Inframerah
1)   Bentukya tidak terlihat dengan kasat mata atau mata telanjang.
2)   Timbulnya diakibatkan oleh komponen-komponen pendukung seperti panas.
3)   Tidak dapat menembus materi yang tidak tembus pandang.
4)   Merupakan salah satu teknologi yang tembus pandang.
5)   Panjang gelombang pada infra merah memiliki hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik dengan suhu. Ketika suhu mengalami kenaikan, maka panjang gelombang mengalami penurunan.

b.   Jenis-jenis Inframerah
Sinar Infra Merah akan terlihat, jika dilihat dengan menggunakan spektroskop cahaya dengan begitu maka radiasi cahaya infra merah akan nampak pada spectrum elektromagnet yang mana panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya merah. Dengan adanya panjang gelombang maka cahaya infra merah yang ada, tidak akan terlihat oleh mata telanjang. Walaupun begitu radiasi yang dihasilkan yaitu panas, akan terasa atau terdetaksi oleh kulit tubuh. Infra Merah dapat dibedakan menjadi tiga daerah, yaitu:
1)   Infra merah jarak dekat (Near Infra Red) dengan panjang gelombang 0.75 – 1.5 µm.
2)   Infra merah jarak menengah (Mid Infra Red) dengan panjang gelombang 1.50 – 10 µm.
3)   Infra merah jarak jauh (Far Infra Red) dengan panjang gelombang 10 – 100 µm.

























2.2              Teori Khusus
2.2.1        Pengertian Smart Balance Wheel
 







Gambar 2.10 Smart Balance Wheel

            Smart Balance Wheel adalah alat transportasi listrik berteknologi tinggi jarak pendek, yang didasarkan pada prinsip-prinsip keseimbangan dinamis dapat bergerak maju, mundur, dan berhenti. Keuntungan dari Smart Balance Wheel adalah: pengoperasian yang mudah, kontrol fleksibel, karbon rendah, perlindungan lingkungan hijau dan cocok untuk trotoar. Smart Balance Wheels sering digunakan dalam olahraga, berjalan, wisata pemandangan, patroli keamanan dan bidang lainnya. Perangkat ini bertenaga listrik, dan bisa isi daya layaknya charging handphone.
            Perangkat ini diciptakan dalam bentuknya saat ini pada awal 2013, dan mulai diproduksi masal pada tahun 2014. Perangkat ini memiliki dua 6,5 ​​inci (170 mm) - 8 inci (200 mm) diameter roda terhubung ke mekanisme kontrol menyeimbangkan diri menggunakan built-in gyroscopic dan pad sensor . Dengan memiringkan pada pengendara dapat mengontrol kecepatan dan arah perjalanan mencapai kecepatan antara 6 mil per jam (9,7 km / jam) dan 15 mil per jam (24 km / jam)  dengan jangkauan hingga 12 mil (19 km) tergantung pada model, medan, berat pengendara dan faktor lainnya.



2.2.2        Komponen Smart Balance Wheel
            Ada beberapa bagian di bawah permukaan yang mendikte bagaimana sebuah hoverboard bekerja. Dari teknologi sensor ke motherboard utama, ada banyak hal yang bisa mengungkap - secara harfiah. Berikut komponen pada smart balance wheels :
1.        Bingkai baja dengan perangkat pivot sentral
2.        Kulit luar plastik untuk penahanan dan perlindungan
3.        Logika board (papan sirkuit tercetak utama, atau motherboard)
4.        (2) Giroskop
5.        (2) Sensor inframerah (satu untuk setiap kaki)
6.        (2) Motor listrik (satu untuk setiap kaki yang terletak di dalam setiap roda)
7.        (2) Sensor kemiringan / kecepatan (satu untuk setiap kaki yang terletak di dalam setiap roda)
8.        Bantalan tekanan dengan (2) switch pada masing-masing, satu di depan dan satu di belakang
9.    Lampu LED
10.    Charging port
11.    Paket baterai
12.    Sakelar daya



















Gambar 2.11 Beberapa komponen pada smart balance wheel










BAB III
TINJAUAN ORGANISASI

3.1              Profil Perusahaan
            PT DELTA INDOTRADA Sejak tahun 1997 dikenal dengan nama delta cellular berlokasi di ITC Roxy Mas lantai 1 no 35–36 Jakarta Pusat. Awal dari kemunculan delta cellular ditandai dengan perkembangan yang cukup pesat dibidang usaha komunikasi (selular). Hal ini ditandai dengan kemunculan berbagai operator selular di Indonesia, yang diikuti oleh produk ponsel dari berbagai macam aksesoris gadgets, tipe, merek, dan model.
Dengan perkembangan usaha dibidang komunikasi yang mempunyai prospek cerah ini, maka delta cellular memfokuskan pada usaha dalam penyediaan Accesories Gadgets. Sebagai hasil reformasi dari usaha Accesories Gadgets, “delcell” adalah merek produk accessories handphone yang dikembangkan oleh delta cellular yang sudah mendapat pengakuan dari lembaga merek Indonesia, dan berbagai jenis produk aksesoris ponsel yang telah dikembangkan dan bermunculan produk unggulan delcell. Selain Delcell sebagai brand dari PT. Delta Indotrada juga menciptakan brand store untuk penyedia produk hobies seperti sepeda, sagway dan hoverboard. Mengantisipasi perkembangan usaha yang semakin besar, persaingan hebat dibidang komunikasi dan prasarana kendaraan maka pada tahun 2008 delta cellular membentuk badan usaha perseroan dengan nama PT Delta Indotrada.
PT. Delta Indotrada telah mengembangkan jaringan usaha dengan membuka berbagai pintu gerai Accesories Gadgets maupun Sepeda disekitar wilayah Jabotabek :
4)      ITC Roxy Mas, Lt.2 No.9C Jl. KH. Hasyim Ashari Jakarta Pusat 10150 Telp. 021 68277477
5)      DELTACYCLES PIE, Plaza Indonesia Extension L4 E02-B-i (posisi dekat Dante Coffee) Jakarta Telp. 02129923645



3.2              Delta Cycles
DeltaCycles adalah bagian dari Delta Indotrada Group, yang merupakan perusahaan milik dan dijalankan keluarga. Dengan lebih dari 21 tahun sejarah dan tradisi dalam memberikan  pilihan, nilai, kualitas dan layanan yang sangat baik kepada pelanggan. Delta Indotrada Group adalah salah satu pemasok gadget dan aksesoris seluler independen terkemuka di Jakarta.
            DeltaCycles memiliki banyak pilihan sepeda lipat, sepeda listrik dan perangkat Swaimbang di semua tingkat harga, berbagai macam aksesori mutakhir dan berteknologi tinggi di Jakarta. Merek Delta Cycles membawa dan berdiri di belakang Strida, Brompton, Birdy, Carry Me, Montague, Trelock, Dosun dan lain-lain.
3.3              Struktur Organisasi

 




Text Box: Manager Marketing
















Gambar 3.1 Struktur Organisasi PT. Delta Indotrada
(Sumber : Admin PT. Delta Indotrada)




3.4              Tugas dan Tanggung Jawab
a.    Director / Owner
     Owner adalah pemilik usaha, dimana segala keputusan dan kebijakan serta pengawasan jalannya usaha ditentukan olehnya.
b.   Manager Marketing
     Bertanggung jawab terhadap substansi orgarnisasi perusahaan dibawahnya.
     Tugas adalah :
1)   Menetapkan tujuan dan sasaran jalannya operasional perusahaan dan strategi penjualan kepada konsumen
2)   Membuat analisa terhadap pangsa pasar dan menentukan strategi penjualan terhadap konsumen atau pelanggan
3)   Menganalisis laporan yang dibuat oleh bawahannya.
4)   Mengoptimalkan kerja staf dan administrasi dibawah wewenangnya untuk mencapai tujuan perusahaan
5)   Memberikan pelayanan yang prima kepada setiap konsumen atau pelanggan
6)   Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
7)   Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran.
d.   Marketing
Tim marketing bertanggung jawab untuk memasarkan produk serta menjalani strategi pemasaran yang dihasilkan dari keputusan manager marketing, serta mempunyai wewenang terhadap calon konsumen atau konsumen yang di handling-nya
Substansi dari tim ini adalah :
1)   Retail : Tim retail memasarkan produk melalui toko atau outlet perusahaan di beberapa mall
2)   Sales : Tim sales memasarkan produk melalui reseller atau  calon reseller yang sudah menjadi konsumen tetap
3)   Online : Tim online memasarkan produk melalui e-commerce yang sudah bekerjasama dengan pwrusahaan
e.    Gudang
Tim gudang bertanggung jawab terhadap stok barang serta mengalokasikan masing stok barang untuk dijual oleh masing-masing tim marketing.
Tugas : Menerima barang datang dari supplier, memproses pesanan konsumen, dan mengecek kualitas barang
f.    Teknisi
Tim teknisi bertanggung jawab atas barang yang tidak lolos pengecekan kualitas dari gudang dan barang cacat dari konsumen
Tugas : Menerima barang tidak lolos kontrol kualitas, memperbaiki barang cacat dari konsumen atau yang tidak lolos control kualitas, meng-estimasikan produk servis sudah siap dikembalikan ke konsumen.
g.   Admin/Finance
Tim admin bertanggung jawab terhadap keluar masuknya barang serta pengecekan keuangan perusahaan.
Tugas : Melakukan penelitian dan analisa keuangan termasuk masalah pajak melakukan verifikasi ulang atas semua bukti kas, penerimaan dan pengeluaran kas melakukan verifikasi atas semua buku  penjualan tunai, faktur penjualan dan nota pembelian serta bukti barang dari perusahaan ke konsumen.
h.   IT Support
IT Support bertanggung jawab atas semua perangkat yang digunakan karyawan terutama komputer.
Tugas : Memperbaiki kesalahan atau error computer, memperbaiki kesalahan atau error jaringan, mengontrol penggunaan internet diperusahaan, membuat foto produk, membuat banner produk untuk siap dipasarkan.
3.5     Pelaksanaan Return dan Service Smart Balance Wheel
               Pada tahap ini peneliti berfokus pada bagian teknisi karena dari bagian ini terdapat informasi mengenai objek penelitian ini. Sesuai dengan data dan informasi yang peneliti dapatkan selama melakukan penelitian pada PT. Delta Indotrada. Maka peneliti dapat merumuskan pelanksanaan ketika ada kerusakan pada adalah sebagai berikut :
            Pada bagian teknisi ini bertanggung jawab terhadap produk yang tidak lolos control kualitas produk dari tim gudang dan menerima produk return dan servis dari konsumen dikarenakan produk tidak berfungsi dengan baik atau mengalami kerusakan saat digunakan. Berikut adalah tahapan dalam  penerimaan barang cacat di bagian teknisi.
Tidak lolos control kualitas dari tim gudang :
1.   Tim gudang akan menerima barang datang dari supplier dan menghitunggnya.
2.   Setelah di lakukan penghitungan akan dicek juga kualitaas barang tersebut.
3.   Jika barang lolos kontol kulitas maka tim gudang akan menginformasikan kepada tim sales jumlah barang yang siap untuk di jual
4.   Jika barang tidak lolos kontorl kualitas maka tim gudang akan menginformasikan kepada tim teknisi jumlah barnag yang tidak lolos kulaitas tersebut
5.   Tim teknisi mengecek kerusakan barang dari tim gudang
6.   Jika barang bisa diperbaiki maka tim teknisi akan menginformasikan estimasi perbaikan kepada tim gudang
7.   Jika barang tidak bisa diperbaiki maka tim teknisi menginformasikan tim admin agar barang di kembalikan kepada supplier

     Barang return dari konsumen :
1.   Sales menerima barang return dari konsumen dan menyerahkannya kepada tim teknisi
2.   Tim teknisi mengecek kerusakan pada barang
3.   Jika barang bisa diperbaiki, akan diinformasikan kepada sales estimasi perbaikannya
4.   Sales menginformasikan estimasi service kepada konsumen
5.   Jika barang tidak bisa diperbaiki, maka tim teknisi menginformasikan kepada admin agar barang dikembalikan kepada supplier



            Dari uraian diatas dapat digambarakan prosesnya dalam diagram blok berikut :



Text Box: Gudang,Text Box: Sales,Text Box: Teknisi

(pengecekan kerusakan perangkat oleh tim teknisi )
,Text Box: Admin,Text Box: Supplier,Text Box: Konsumen
 























                                    

Gambar 3.2 : Diagram Blok Penerimaan Barang Return
Sumber : (Teknisi Pt. Delta Indotrada)














BAB IV
PEMBAHASAN

4.1   Sistem Kerja Perangkat
            Smart Balance Wheel dirancang sedemikian rupa sehingga masing-masing roda memiliki Giroskop, sensor infra merah dan sensor kecepatan sendiri . Komponen tersebut ditempatkan di bawah bantalan tempat pengguna menempatkan kaki. Setelah pengguna menempatkan kaki di bantalan, Giroskop memberikan data ke motherboard ketika pengguna miring ke depan atau ke belakang. Ketika pengguna tidak miring, sensor IR, yang diposisikan di bawah penempatan kaki, memberikan data ke motherboard untuk tidak bergerak dan tidak menjalankan motor. Ini hasil dari sensor tersebut mendapatkan tekanan pada bantalan kaki dan memindahkan roda balance.
              Ketika dimiringkan ke arah tertentu (depan atau belakang, tergantung pada bantalan kaki) ke sudut yang ditentukan, data dari giroskop diteruskan ke motherboard untuk menjalankan motor yang memungkinkan roda berputar dan pengendara bergerak maju . Lebih banyak kemiringan dan tekanan akan kecepatan akan bertambah.
              Setiap roda akan bergantian bergerak sesuai dengan giroskop yang mendapatkan tekanan dan sinyal dari motherboard untuk bergerak. Untuk belok kiri , pengguna akan menggerakkan kaki kanan ke depan, yang hanya akan menggerakkan roda kanan, menjaga motor dari roda kiri dan belok kiri akan dilakukan. Demikian pula untuk belok kanan , kaki kiri harus digerakkan ke depan untuk miring. Untuk bergerak dalam lingkaran, miringkan kaki manapun di depan.



4.1.1        Bagaimana Smart Balance Mendeteksi Gerakan Pengguna
Ini merupakan bagian yang penting dari bantalan pijakan di dua switch masing-masing roda.



 






Gambar 4.1 Switch Sensor/Sensor IR
Saat pengguna mencondongkan badan ke depan, sakelar depan ditekan ke bawah, dan sisi bagian plastik kecil antara LED inframerah dan sensor inframerah.









Gambar 4.2 Letak Sensor Infrared
  Selama sensor mendeteksi cahaya, Motherboard akan memberi sinyal motor untuk diam. Tetapi ketika lampu terganggu (karena saklar didorong oleh berat pengguna), motherboard memberitahu motor untuk berputar ke arah tertentu.
Jadi, misalnya, jika pengguna belok kiri, kaki pengguna mengaktifkan sakelar kanan depan, membuat roda kanan berputar ke depan, sementara kaki kiri pengguna mengaktifkan saklar kiri belakang, membuat roda kiri berputar ke belakang.
Dari uraian sistem kerja perangkat berikut adalah diagram bloknya :




 











Gambar 4.3 : Diagram Blok Sistem Kerja Komponen
Sumber : (Teknisi Pt. Delta Indotrada)
Keterangan :
  1. Pada saat User menekan tombol on maka motherboard akan memberikan sinyal kepada baterai untuk nyala dan motherboard menyalurkan aliran listrik ke motherbard
  2. Motherboard akan menyalurkan semua aliran listrik dari baterai ke semua perangkat yang ada (LED,sensor dan Motor) untuk standby
  3. Saat user mengijakan kaki di atas bantalan maka sensor infrared akan memberikan data ke motherboard untuk diteruskan ke sensor giroskop, sensor kecepatan dan motor roda.
  4. Sensor giroskop akan mendeteksi sinyal data gesture pengguna/user dari motherboard
  5. Sensor kecepatan akan mendeteksi sinyal data tekanan pengguna dari motherboard
  6. Setelah sensor giroskop dan sensor kecepatan mendapatkan data sinyal dari motherboard maka data diteruskan kepada motor/roda untuk berjalan/standby
 
 








Dari beberapa percobaan yang saya lakukan untuk menganalisa sistem kerja perangkat berikut tabel percobaannya :

Tabel : 4.1 Tabel Percobaan Sistem Kerja
Sumber : (Percobaan peneliti)

No
Tekanan/Gestur User
Sistem Kerja Komponen
Keadaan Perangkat
Gambar Hasil
1
2 kaki tekan biasa
a.    Kedua sensor IR tetap menyala
b.    Sensor giroskop memberikan roda tetap seimbang
c.    Sensor kecepatan standby
d.   Motor/roda standby
Standby
2
2 kaki tekan bantalan depan sekali
a.    Kedua sensor IR akan memberikan sinyal kepada  motherboard bahwa ada data pengguna memberikan tekanan pada bantalan depan
b.    Motherboard menerima sinyal dari kedua sensor IR dan memberikan data ke sensor giroskop dan kecepatan
c.    Sensor Giroskop menyeimbangkan perputaran roda
d.   Sensor kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda untuk berputar
e.    Motor menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda berputar ke depan.
Maju lurus
3

2 kaki tekan bantalan belakang sekali
a.    Kedua sensor IR akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna memberikan tekanan pada bantalan belakang
b.    Motherboard menerima sinyal dari kedua sensor IR dan memberikan data ke sensor giroskop dan kecepatan Sensor Giroskop menyeimbangkan perputaran roda
c.    Sensor kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda untuk berhenti
d.   Motor menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda berhenti berputar ke depan.
Berhenti/Rem
4
2 kaki tekan bantalan belakang panjang
a.    Kedua sensor IR akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna memberikan tekanan panjang pada bantalan belakang
b.    Motherboard menerima sinyal dari kedua sensor IR dan memberikan data ke sensor giroskop dan kecepatan
c.    Sensor Giroskop menyeimbangkan perputaran roda
d.   Sensor kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda untuk berputar ke belakang
e.    Motor menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan, dan roda berputar ke belakang.
Mundur
5
2 kaki depan tekan bantalan panjang
a.    Kedua sensor IR akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna memberikan tekanan panjang pada bantalan depan
b.    Motherboard menerima sinyal dari kedua sensor IR dan memberikan data ke sensor giroskop dan kecepatan
c.    Sensor Giroskop menyeimbangkan perputaran roda
d.   Sensor kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda untuk berputar kedepan dengan cepat
e.    Motor menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda berputar ke depan dengan cepat.


















 




Tambah kecepatan

6
Kaki kiri tekan bantalan depan
a.    Sensor IR kiri akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna memberikan tekanan panjang pada bantalan depan
b.    Sensor IR kanan standby

c.    Motherboard menerima sinyal dari sensor IR kiri dan memberikan data ke sensor giroskop dan kecepatan
d.   Sensor Giroskop menyeimbangkan perputaran roda kiri
e.    Sensor kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda kiri dan roda kanan standby
f.     Motor menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda berputar ke depan dengan cepat.
























 


Berputar ke kanan

7
Kaki kanan tekan bantalan depan
a.    Sensor IR kanan akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna memberikan tekanan panjang pada bantalan kanan depan
b.    Sensor IR kiri standby
c.    Motherboard menerima sinyal dari sensor IR kanan dan memberikan data ke sensor giroskop dan kecepatan
d.   Sensor Giroskop menyeimbangkan perputaran roda kanan
e.    Sensor kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda kanan dan roda kiri standby
f.     Motor menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda kanan berputar ke depan dengan cepat.
Berputar ke kiri
8
Kaki kiri tekan bantalan belakang
a.    Sensor IR kiri akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna memberikan tekanan panjang pada bantalan belakang
b.    Sensor IR kanan standby
c.    Motherboard menerima sinyal dari sensor IR kiri dan memberikan data ke sensor giroskop dan kecepatan
d.   Sensor Giroskop menyeimbangkan perputaran roda kiri
e.    Sensor kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda kiri dan roda kanan standby
f.     Motor menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda berputar ke belakang dengan cepat.
Berputar ke kiri
9
Kaki kanan tekan bantalan belakang
a.    Sensor IR kanan akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna memberikan tekanan panjang pada bantalan kanan belakang
b.    Sensor IR kiri standby
c.    Motherboard menerima sinyal dari sensor IR kanan dan memberikan data ke sensor giroskop dan kecepatan
d.   Sensor Giroskop menyeimbangkan perputaran roda kanan
e.    Sensor kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda kanan dan roda kiri standby
f.     Motor menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda kanan berputar ke belakang dengan cepat.
Berputar ke kanan



























4.2  Komponen Utama Penggerak Roda Elektrik
               Ada beberapa komponen utama dari Smart Balance Wheel ini yang berfungsi sebagai penggerak roda elektrik ketika dioperasikan. Dari teknologi sensor ke motherboard, ada banyak komponen yang bekerjasama satu sama lain sehingga perangkat dapat dijalankan.
Berikut adalah komponen utama untuk penggeraknya :
4.2.1   Baterai
 








Gambar : 4.4 Baterai Smart Balance Wheel 4400mAh
Sumber : (Tim Teknisi)

                 Smart Balance Wheel adalah kendaraan jarak dekat yang ramah lingkungan karena menggunakan daya listrik yang disalurkan melalui baterai. Jenis baterai yang digunakan adalah baterai jenis Lithium dengan spesifikasi sebagai berikut :
Jenis Baterai                      : Lithium-iOn
Pengisian Daya                 : 2- 3 jam
Tegangan                          : 36V
Kapasitas Awal                 : 4400mAh (158wh)
Suhu Bekerja                    : -15 - 50
Pengisian Suhu                 : 0 - 40
Penyimpanan Waktu         :(-20 - 25 ) 12 bulan
Penyimpanan Kelembaban: 5% - 95%

        Baterai ini berfungsi sebagai penyalur aliran listrik ke semua bagian papan digital pada Smart Balance Wheel.

4.2.2        Motherboard
             Ini adalah otak dari Smart Balance Wheel, yang menghitung data board pada hitungan waktu real. Motherboard ini menghitung dan mengontrol semua aspek board seperti kecepatan, roda miring, arah roda berputar dan indikator LED. Sebagai tempat dan kontrol sensor yang berbeda seperti giroskop dan sensor inframerah.
          Smart Balance Wheel yang memiliki mode berkendara yang berbeda (Beginner, Sport, dan Expert mode) bergantung kontrol daya yang dikirimkan ke roda. Ini juga mencegah roda berputar secara acak ketika hoverboard berada dalam mode terkunci yang disebut keadaan stand by.       
              Pada bagian ini semua kendali dari perangkat di kontrol, semua bagian-bagian dari perangkat terhubung satu sama lain. Motherboard ini berfungsinya sebagai otak dari peranti, proses ini secara otomatis dan berkala memberikan signal pada alat ini seperti kecepatan, kemiringan roda serta juga sebagai pengontrol manajemen daya ke roda.
Pada komponen ini terdapat line sebagai penghubung antar komponen diantaranya:
a.    Motor Hall Line (kabel untuk sirkuit roda)
b.    Gyroskop  interface (kabel untuk sensor giroskop)
c.    Power interface (kabel unruk baterai)
d.   Motor interface (kabel untuk roda)
e.    Switch Line (kabel untuk sensor infrared)
Pada motherboard ini terdapat led yang bisa digunakan teknisi untuk mendetaksi kesalahan saat instalasi atau menperbaiki komponen-komponen smart balance, berikut adalah indikator kesalahannya.



Tabel 4.2 Tabel Kedip Lampu Kesalahan

Jumlah Lampu Kedip
Permasalahan Yang Terjadi
0 Kali
Ini menunjukkan bahwa tiga kabel individual yang keluar dari motherboard ke roda longgar. 
1 Kali
Ini menunjukkan bahwa kabel penghubung dari motherboard ke papan sirkuit gyroscope longgar di sisi yang memiliki saklar daya.
2 Kali
Ini menunjukkan bahwa kabel penghubung dari motherboard ke papan sirkuit gyroscope longgar pada sisi yang memiliki baterai. 
3 Kali

Ini menandakan ada masalah dengan motor. Biasanya korsleting.
4 Kali

Ini menunjukkan bahwa ada kesalahan dengan kabel yang menghubungkan motherboard ke motor roda.
5 Kali

Ini menunjukkan bahwa ada kesalahan dengan kabel yang menghubungkan motherboard ke motor roda.
6 Kali

Ini menunjukkan bahwa ada masalah dengan baterai. Baterai akan harus diganti atau diisi dengan benar.
7 Kali

Ini menandakan ada masalah dengan papan sirkuit giroskop di sisi baterai.
8 Kali

Ini menandakan ada masalah dengan papan sirkuit giroskop di sisi baterai.













 



















Gambar 4.5 Sketsa Motherboard


 



















Gambar 4.6 Motherboard Smart Balance Wheel







 
































Gambar 4.7 Rangkaian Digital Motherboard






4.2.3        Sensor
            Dalam membaca gerakan pengguna perangkat ini menggunakan beberapa sensor yang di sematkan pada pada bantalan pijakan dan roda. Pada roda terdapat sensor kemiringan/kecepatan dan sensor giroskop, pada bagian bantalan pijakan terdapat sensor sensor inframerah.
4.2.3.1  Sensor Giroskop
 










Gambar 4.8 Sensor Giroskop pada Smart Balance Wheel

         Sensor Giroskop berisi sumbu tunggal sensor gyroscopic yang mendeteksi rotasi dan mengembalikan nilai yang mewakili jumlah derajat rotasi per detik. Gyro Sensor dapat mengukur sampai + / - 360 ° per detik rotasi. Sensor Giroskop terhubung ke port sensor NXT menggunakan kabel NXT standar dan menggunakan sensor analog antarmuka. Tingkat rotasi dapat dibaca sampai kira-kira 300 kali per detik,
          Kedua sensor ini menyeimbangkan board pada dua roda. Bergantung pada informasi yang siberikan oleh motehrboard, dan menentukan sejauh mana pengguna miring ke depan / belakang, dan bekerja untuk membatalkan efek kemiringan, sehingga menjaga Smart Balance Wheel seimbang dan stand by.


               Pengujian yang dilakukan untuk sensor gyroscope adalah melihat kecepatan sudutnya dalam bentuk grafik. Pengujian sensor gyroscope dilakukan saat keadaan diam (tidak berotasi) dan berotasi (searah dan berlawanan arah
jarum jam). Hasil pengujian ditunjukkan pada Gambar 4.9 dan Gambar 4.10
Waktu x 100 ms
Gambar 4.9 : Grafik Sensor Giroskop saat diam atau tidak berotasi
Waktu x 100 ms
Gambar 4.10 : Grafik Sensor Giroskop saat berotasi
Sumber : (Pengujian Alat)

4.2.3.2  Sensor Infra Merah
 








Gambar 4.11 Sensor Infra Merah pada Smart Balance Wheel

  Sensor ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat. Bantalan tekanan dipasang di atas sepasang switch; saat pengendara menggunakan tekanan pada bantalan, sakelar ditekan ke bawah, yang pada gilirannya mengontrol cahaya yang ditransmisikan dari LED inframerah ke sensor. Perintah demikian ditransmisikan ke motherboard dan tergantung pada arah tekanan kaki, Smart Balance Wheel bergerak atau diam.
Pada pengujian infra red ini dilakukan dengan cara menyimpan salah satu benda yang dapat menghalangi pancaran dari infra red tersebut, sehingga output dari sensor ini dapat dibedakan pada saat kondisi terhalang dan tidak terhalang.








Gambar 4.12 Pengujian Sensor PIR
Tabel  4.3 Tabel Hasil Pengujian Sensor IR
Kondisi
Output Tegangan
Logika
Terhalang
0.034 Vdc
0 (Low)
Tidak Terhalang
3.8 Vdc
1 (High)

Jarak jangkauan infra red ini berada pada 50 Cm dari pemancar, ketika jarak tersebut melebihi jarak jangkauan maka sensor infra red tidak dapat mendeteksi adanya halangan. Sensor infra red ini bekerja berdasarkan pada kondisi terhalang atau tidaknya pancaran sinar infra red dari pemancar ke penerima infra red. Daya pancar dari pemancar infra red ini ditentukan oleh supply tegangan dan arus yang masuk ke rangkaian pemancar infra red

4.2.3.3  Sensor Kemiringan dan Kecepatan
 









Gambar 4.13 Sensor RPM yang tertanam pada roda SBW

    Masing-masing roda memiliki motor listrik di dalamnya, yang disertai dengan sensor kemiringan dan sensor kecepatan. Sensor ini mendeteksi revolusi per menit (rpm) dari roda individu dan mengirim informasi ke giroskop dan modul kontrol kecepatan di motherboard. Pengiriman daya ke motor listrik dari baterai dikendalikan oleh motherboard.

 





Gambar 4.14 Skema Pengujian Sensor Kecepatan

Pengujian sensor kecepatan dilakukan  dengan menggunakan bantuan alat ukur busur derajat dan mistar ukur. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh sudut kemiringan maksimal untuk posisi maju sebesar 50dengan nilai I2C sebesar 24. Kemiringan maksimal untuk posisi mundur sebesar 120dengan nilai I2C sebesar 2.
4.2.4        Motor/ Roda
 





Gambar 4.15 Roda Smart Balance Wheel 6.5 inch
     Sesuai dengan  namanya Smart Balance Wheel, perangkat ini mempunyai roda sebagai komponen motor perangkat untuk berpindah dari suatu tempat ketempat lain. Roda ini akan berputar ketika mendapatkan sinyal gesture pengguna dari sensor-sensor yang ada. Kecepatan perputaran roda akan bertambah ketika pengguna menekankan kaki lebih panjang pada pedal.bantalan sensor.
Spesifikasi :
- Bahan                                    : Paduan + ABS  
- Ukuran                                  : 17 * 5.7cm 
- Diameter Luar Roda             : 6,5 ​​inci beberapa ada yang sampai 8 inci 
- Panjang kabel                        : 26cm  
- Daya Motor                          : 350w, brushless  
- Tegangan                              : 36V  
- Kecepatan                             : 800rpm  
- Kecepatan maksimum           : 15-18 km / jam
- Memuat berat                        :240 lb 
Metoda yang digunakan untuk menguji kecepatan putaran motor DC ialah PWM 8 bit dan menggunakan  tachometer digital untuk pengukuran putaran roda kanan dan kiri Smart Balance Wheel
Tabel 4.4  Hasil Pengujian Motor/Roda
Sumber :(Pengujian)
Duty Cycle (%)
Putaran Roda Kiri (r/min)
Putaran Roda Kanan (r/min)
0
0
0
10
125
126
20
258
259
30
274
274
40
304
305
50
322
323
60
332
333
70
338
340
80
342
345
90
354
356
100
364
368






Gambar 4.16 Grafik Putaran Roda SBW Terhadap Duty Cycle
   Pada hasil pengujian putaran roda kiri dan kanan terdapat perbedaan putaran roda kiri dan kanan pada Smart Balance Wheel. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu tingkat ketegangan rantai dan pemasangan baut pengikat pada motor, serta kesalahan dalam pengukuran menggunakan alat ukur yang dikalibrasi. Untuk hasil yang maksimal putaran roda kiri dan kanan haruslah sama sehingga diperlukan sinkronisasi roda kiri dan kanan Smart Balance Wheel.
a.    Pengukuran Putaran Roda SBW  Kondisi Maju
No
Sudut Kemiringan
Putaran Roda Kiri (r/min)
Putaran Roda Kanan (r/min)
1
00
0
0
2
10
183
184
3
20
234
235
4
30
287
288
5
40
337
339
6
50
360
362
Tabel 4.5 Data Pengujian Kondisi Maju SBW
    Berdasarkan tabel diatas, dapat terlihat bahwa putaran roda yang terjadi berbanding lurus dengan sudut kemiringan yang terjadi pada Smart Balance Wheel. Akan tetapi terdapat perbedaan putaran roda kiri dan kanan karena beberapa faktor. Proses pengukuran dilakukan dengan menaruh segway di atas sebuah bangku tanpa pengendara dan memulai proses pengukuran dengan busur derajat dan tachometer.
b.        Pengukuran Putaran Roda SBW Kondisi Mundur
No
Sudut Kemiringan
Putaran Roda Kiri (r/min)
Putaran Roda Kanan (r/min)
1
00
0
0
2
20
80
81
3
40
83
84
4
30
90
90
5
60
100
101
6
80
150
152
7
120
170
171
Tabel 4.6 Data Pengujian Kondisi Mundur SBW
               Berdasarkan tabel diatas, dapat terlihat bahwa putaran roda yang terjadi berbanding lurus dengan sudut kemiringan yang terjadi pada Smart Balance Wheel . Akan tetapi terdapat perbedaan putaran roda kiri dan kanan karena beberapa faktor. Putaran roda Smart Balance Wheel saat mundur diatur agar lebih rendah dibandingkan dengan putaran untuk kondisi maju Smart Balance. Hal ini dilakukan agar pengendara tetap aman saat Smart Balance Wheel berjalan mundur. Proses pengukuran dilakukan dengan menaruh Smart Balance Wheel di atas sebuah bangku tanpa pengendara dan proses pengukuran dilakukan dengan menggunakan busur derajat dan tachometer.

c.         Sistem Belok Smart Balance Wheel
               Berdasarkan data pengujian sistem belok Smart Balance Wheel, hasil yang diperoleh telah sesuai dengan apa yang terjadi saat pemakaian, yaitu sistem belok yang baik dan aman. Pada saat kondisi belok kiri terjadi reduksi putaran roda kiri dan untuk kondisi belok kanan terjadi reduksi putaran pada roda kanan. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan menaruh Smart Balance Wheel di atas bangku dan proses pengukuran dilakukan dengan menggunakan tachometer pada kondisi kecepatan maksimal Smart Balance Wheel maju.
No
Sudut Kemiringan
Sistem Belok Kiri
Sistem Belok Kanan
Putaran Roda Kiri (r/min)
Putaran Roda Kanan (r/min)
Putaran Roda Kiri (r/min)
Putaran Roda Kanan (r/min
1
00
350
352
350
347
2
40
330
351
351
331
3
80
312
352
351
313
4
120
389
352
352
291
5
160
270
350
350
268
6
200
258
351
352
255
Tabel 4.7 Hasil Pengujian Akhir Motor.Roda SBW




4.2.5        Display / LED
 




Gambar 4.17 Diplasy LED Smart Balance Wheel
Sumber : (Pengujian)
Papan display terletak di tengah-tengah Self Balancing skuter roda dua. Ini menampilkan informasi berjalan Self Balancing skuter roda dua.
d.   Baterai Tampilan: lampu LED hijau ini hingga menunjukkan Self Balancing skuter terisi penuh, lampu kuning LED upmenyala untuk menunjukkan kekuatan turun sampai 50%, lampu LED merah menyala menunjukkan daya turun ke 20%, ketika lampu LED menjadi merah, silakan mengisi ulang.
e.    Menjalankan LED: Ketika operator memicu pergerakan kaki, LED berjalan akan menyala yang berarti bahwa sistem memasuki tahap berjalan; ketika sistem memiliki pesan kesalahan lampu LED berjalan akan berubah menjadi merah.












BAB V
PENUTUP

5.1   Kesimpulan
             Berdasarkan hasil analisa system kerja sensor pada smart balance wheel ini, penulis dapat simpulkan beberapa poin untuk dijadikan bahan pengetahuan bagi penulis, pengguna maupun teknisi :
2.    Smart Balance Wheel ini bisa dijadikan alternatif kendaraan masyarakat untuk menempuh jarak pendek. Selain memperpendek jarak tempuh pengguna untuk melakukan penjalanan juga untuk menghemat tenaga dan waktu. Selain itu perangkat ini juga ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar melainkan hanya daya listrik dari baterai.
3.    Ada beberapa komponen utama dari Smart Balance Wheel ini sebagai komponen penggerak, diantaranya baterai sebagai sumber tenaga, sensor sebagai pendeteksi gerakan pengguna, motor dan roda sebagai komponen penggerak perangkat, serta motherboard sebagai otak dari perangkat ini agar semua komponen bisa berjalan.
4.    Perangkat ini pada dasarnya bergerak berdasarkan data sinyal dari sensor-sensor yang dihubungkan ke motherboard, Sensor inframerah mendapatkan data sinyal berdasarkan tekanan bantalan injakan kaki pengguna. Sensor giroskop sebagai sensor keseimbangan bekerja dari sinyal data gesture pengguna yang diperoleh dari motherboard. Sensor kecepatan sebagai kontrol cepat atau lambatnya laju perangkat yang diperoleh dari motherboard.
5.    Motor roda akan bergerak jika mendapatkan sinyal data dari motherboard, sensor giroskop dan sensor kecepatan. Kecepatan perputaran roda akan berambah jika pengguna menekan bantalan injakan lebih dalam. Begitupun sebaliknya roda akan berhenti perputar ketika mendapatkan sinyal dari sensor bahwa pengguna menekan bantalan injakan belakang satu kali.




5.2    Saran
Berdasarkan penelitian ini penulis ingin memberikan saran kepada :
a.    Pengguna :
 Walaupun ini merupakan alat kendaraan jarak tempuh pendek namun dalam peraktiknya pengguna juga harus memakai alat keselamatan seperti helm dan pelindung lutut. Karena Smart Balance ini bisa dioperasikan hingga kecepatan 24 km / jam. Sehingga jika terjadi error system atau pengguna mengalami hilang kendali adalam mengendarai perangkat ini akan tetap aman.
Perawatan perangkat ini sangat penting agar perangkat bisa digunakan lebih lama oleh pengguna, berikut cara  merawatnya :
1)     Membersihkan :
a)         Lepaskan charger jika masih dalam keadaan pengisian daya
b)        Lap Smart Balance Wheel dengan lap kering, Hindari menggunakan air atau cairan lain pada Self Balancing skuter roda dua untuk membersihkan. IP adalah 54. Jika air atau cairan lainnya meresap ke dalam unit, itu akan menyebabkan kerusakan permanen pada elektronik internal.
2)   Penyimpanan :
a)         Isi penuh baterai sebelum menyimpan.
b)        Jika menyimpan Smart Balance Wheel lebih dari satu bulan, silahkan lepaskan baterai dan isi / charge setidaknya setiap tiga bulan.
c)         Jika suhu penyimpanan ambien di bawah 0 , jangan mengisi. Anda dapat membawa kendaraan ke lingkungan yang hangat (di atas 10 ) untuk pengisian.
d)        Untuk mencegah debu, Anda dapat menutupi Smart Balance Wheel.
e)         Simpan Smart Balance Wheel di dalam ruangan, dalam suhu kering dan cocok. Jika Anda tidak menggunakannya untuk waktu yang lama, jangan menghubungkan ke kabel pengisian.
b.    Bagi Penelitian Selanjutnya
Bagi para peneliti selanjutnya, disarankan untuk meningkatkan ketelitian dengan baik dalam kelengkapan data penelitian.
1)        Hasil penelitian ini bisa dijadikan acuan untuk dibuatkan perangkat lain yang sejenis namun memiliki kecanggihan teknologi yang lebih baik.
2)        Hasil penelitian ini bisa dijadikan acuan untuk menambahkan perangkat atau embedded system lain kedalam Smart Balance Wheel seperti speaker, bloutooth dan display informasi jarak tempuh.














                                                    
























DAFTAR PUSATAKA


Bishop,Owen.” Dasar-dasar Elektronika”. Erlangga; Jakarta, 2002

Jatmiko, Pryio.”Pengenalan Komponen Industri: part,plc dan touchscreen ”.
Volume 1 dari electric 1 Priyo Jatmiko ; kartanagari, 2015

Neti Triyanti,” Laporan Akhir Sensor Ultrasonik “ IT Telkom, Jakarta: Kawan
Pustaka, 2010

Manual Book, “Manual Book Of Smart Balance Wheel” China, 2010












http://www.besthoverboardbrands.org/hoverboard-repair-tutorial-for-loose-             
         connections-and-recalibration-diy-simple-hoverboard-repair/


https://www.solidrop.net/product/hoverboard-motherboard-hoverboard-control-    
          circuit-board-scooter-mainboard-for-electric-scooter-replacement-main-        
          board.html



       rangkaian.html


        mpx4100ap.html






































LEMBAR PENGESAHAN

ANALISA KERJA SENSOR PENGGERAK PADA MINI SKUTER RODA ELEKTRIK SMART BALANCE WHEEL DI PT. DELTA INDOTRADA




Nama Mahasiswa I                       : Sukmawi
NIM                                             : 31815029

Nama Mahasiswa II                     : Muhammad Taufik
NIM                                             : 31815030

Hari                                              : Selasa
Tanggal                                         : 10 Juli 2018





Disetujui oleh :


         Ketua Jurusan                                                       Dosen Pembimbing





Ir. M Thamrin Basri, MM                                       Ir. Asep Wasid, MMpd













  PT.DELTA INDOTRADA
RUKO ITC Roxy Mas Blok D2/20
Jl KH Hasyim Ashari Jakarta Pusat 10150
Ph.021-6336767 Fax.021-6305035


Hal : Surat Keterangan Penelitian
No  : -


Yang Bertanda tangan dibawah ini :
Nama                                            : Fritz Gunawan
Jabatan                                         : Manager Marketing
Perusahaan                                   : PT. Delta Indotrada
Alamat                                          : Jl. KH. Hasyim Ashari Komplek Ruko Roxy
                                                       Mas Blok D2 No 20, Cideng Gambir, Jakarta
                                                       Pusat 10150

Dengan ini menerangkan bahwa :
Nama                                            : Sukmawi
NIM                                             : 31815029
Nama                                            : Muhammad Taufik
NIM                                             : 31815030
Fakultas                                        : Sistem Komputer
Universitas                                   : STMIK INDONESIA

Adalah benar telah melakukan penelitian dalam rangkan penulisan Riset Teknologi Informasi yang berjudul “ANALISA KERJA SENSOR PENGGERAK PADA MINI SKUTER RODA ELEKTRIK SMART BALANCE WHEEL DI PT. DELTA INDOTRADA” sejak 12 Mei 2018 dampai dengan 05 Juli 2018, dan telah pula membahas materi penelitiannya dengan kami.

Jakarta, 10 Juli 2018
PT. Delta Indotrada




                                                                                                  Fritz Gunawan
Manager Marketing





Tidak ada komentar:

Posting Komentar