RISET
TEKNOLOGI INFORMASI
ANALISA
KERJA SENSOR PENGGERAK PADA MINI SKUTER RODA ELEKTRIK SMART BALANCE WHEEL DI PT. DELTA INDOTRADA
DIBUAT
OLEH
SUKMAWI
NIM
31815029
MUHAMMAD
TAUFIK
NIM
31815030
PROGRAM
STUDI REKAYASA SISTEM KOMPUTER
STMIK
INDONESIA
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya penulis
dapat menyelesaikan laporan riset teknologi informasi tentang “Analisa Kerja
Sensor Penggerak Pada Mini Skuter Roda Elektrik Smart Balance Wheel Di PT. Delta Indotrada” Laporan ini disusun
sebagai salah satu persayaratan pengajuan TA/Skripsi dan Kelulusan mata kuliah
Riset Teknologi Informasi
Dalam
kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Yth :
1. Bpk. Ir. Asep Wasid , MMPd selaku pembimbing
yang telah meluangkan waktunya serta
memberikan bimbingan dalam menyusun laporan penelitian ini.
2. Bpk. Ir. M. Thamrin Basri, MM selaku
Ketua Jurusan Sistem Komputer STMIK INDONESIA JAKARTA
3. Seluruh pimpinan dan staf Pt. Delta
Indotrada yang sudah menyediakan tempat dan bahan penelitian
4. Orang tua kami yang telah membantu
baik moril maupun materi
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan
laporan ini jauh dari sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun
penulisannya. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya
membangun. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan
bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi
kita semua.
Jakarta, 10
Juli 2018
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................ i
DAFTAR ISI .......................................................................................................... ii
DAFTAR TABEL ................................................................................................. iv
DAFTAR GAMBAR ............................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................... 1
1.1 Latar
Belakang ............................................................................................... 1
1.2
Identifikasi Masalah ...................................................................................... 2
1.3 Rumusan
Masalah .......................................................................................... 3
1.4 Batasan
Masalah ............................................................................................ 3
1.5 Maksud
dan Tujuan ........................................................................................ 4
1.5.1
Maksud Penelitian................................................................................... 4
1.5 .2
Tujuan Penelitian ................................................................................... 4
1.6 Metode
Penelitian ........................................................................................... 4
1.6.1
Metode Analisa ....................................................................................... 4
1.6.2
Metode Pengumpulan Data ...................................................................... 5
1.6.3
Metode Kepustakaan ............................................................................... 5
1.7
Sistematika Penulisan Laporan ....................................................................... 5
BAB II LANDASAN TEORI ............................................................................... 7
2.1 Teori
Umum ................................................................................................... 7
2.1.1 Pengertian Transportasi .......................................................................... 7
2.1.2 Pengertian Sensor .................................................................................... 8
2.1.3 Jenis Sensor ............................................................................................ 8
2.1.3.1 Sensor Proximity ............................................................................... 8
2.1.3.2 Sensor Magnet.................................................................................... 9
2.1.3.3 Sensor Sinar/Cahaya .......................................................................... 9
2.1.3.4 Sensor Ultasonik ............................................................................. 10
2.1.3.5 Sensor Tekanan ............................................................................... 10
2.1.3.6 Sensor Kecepatan (RPM) ................................................................. 11
2.1.3.7 Sensor Penyandi (Encoder) .............................................................. 11
2.1.3.8 Sensor Suhu ..................................................................................... 12
2.1.3.9 Sensor Giroskop .............................................................................. 12
2.1.3.8 Sensor Inframerah ........................................................................... 14
2.2 Teori
Khusus ................................................................................................. 17
2.2.1 Pengertian Smart Balance Wheel ............................................................. 17
2.2.2 Komponen Smart Balance Wheel ............................................................ 18
BAB III TINJAUAN ORGANISASI ................................................................. 20
3.1 Profil
Perusahaan ......................................................................................... 20
3.2 Delta
Cycles ................................................................................................. 21
3.3
Struktur Organisasi ....................................................................................... 21
3.4 Tugas
dan Tanggung Jawab .......................................................................... 22
3.5
Pelanksanaan Return dan Service Smart Balance Wheel .............................. 23
BAB IV PEMBAHASAN ................................................................................... 26
4.1 Sistem
Kerja Perangkat ................................................................................. 26
4.1.1 Bagaimana Smart Balance Wheel
Mendeteksi Grankan Pengguna .......... 27
4.2
Komponen Utama Penggerak Roda Elektrik ................................................. 37
4.2.1 Baterai .................................................................................................... 37
4.2.2 Motherboard ........................................................................................... 38
4.2.3 Sensor .................................................................................................... 42
4.2.3.1 Sensor Giroskop .............................................................................. 42
4.2.3.2 Sensor Infra Merah .......................................................................... 44
4.2.3.3 Sensor Kemiringan dan Kecepatan .................................................. 45
4.2.4 Motor/Roda ............................................................................................ 46
4.2.5 Display/LED ........................................................................................... 51
BAB V PENUTUP ............................................................................................... 52
5.1 Kesimpulan................................................................................................... 52
5.2
Saran......................................................................................................... 53
DAFTAR
PUSTAKA .......................................................................................... 55
DAFTAR
TABEL
Tabel 4.1 Tabel Percobaan Sistem Kerja
............................................................. 29
Tabel 4.2 Tabel Kedip Lampu Kesalahan
........................................................... 39
Tabel 4.3 Tabel Hasil Pengujian Sensor IR
......................................................... 45
Tabel 4.4 Tabel Hasil Pengujian Motor/Roda ..................................................... 47
Tabel 4.5 Data Pengujian Kondisi
Maju SBW.................................................... 48
Tabel 4.5 Data Pengujian Kondisi
Mundur SBW................................................ 49
Tabel 4.5 Hasil Pengujian Akhir Motor/Roda SBW............................................. 50
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 2.1 Sensor Proxymity dan Rangkaiannya ............................................... 8
Gambar 2.2 Sensor Cahaya dan Rangkaiannya ................................................... 9
Gambar 2.3 Sensor Ultrasonik HC-SR-04 dan Rangkaiannya .......................... 10
Gambar 2.4 Sensor Tekanan dan Rangkaiannya ................................................ 10
Gambar 2.5 Sensor Kecepatan dan Rangkaiannya ............................................ 11
Gambar 2.6 Sensor Suhu dan Contoh Rangkaiannya ........................................ 12
Gambar 2.7 Sensor Gyroskop MPU-605............................................................. 12
Gambar 2.8 Ilustrasi Prinsip Kerja Gyroskop ..................................................... 13
Gambar 2.9 Sensor Infrared ................................................................................ 14
Gambar 2.10 Smart Balance Wheel .................................................................... 17
Gambar 2.11Beberapa Komponen Pada Smart Balance Wheel .......................... 19
Gambar 3.1 Struktur Organisasi P. Deltaindotrada ............................................ 21
Gambar 3.2 Diagram Blok Penerimaan Barang Return ...................................... 25
Gambar 4.1 Switch Sensor/Sensor IR ................................................................. 27
Gambar 4.2 Letak Sensor Infrared ...................................................................... 27
Gambar 4.3 Diagram Blok Sistem Kerja Komponen .......................................... 28
Gambar 4.4 Baterai Smart Balance Wheel 4400mAh ......................................... 37
Gambar 4.5 Sketsa Motherboard ........................................................................ 40
Gambar 4.6 Motherboard Smart Balance Wheel................................................. 40
Gambar 4.7 Rangkaian Dogital Motherboard...................................................... 41
Gambar 4.8 Sensor Giroskop Pada Smart Balance ............................................. 42
Gambar 4.9 Grafik Sensor Giroskkop Saat Diam atau Tidak Berotasi................ 43
Gambar 4.10 Giroskop Sensor Giroskop Saat Berotasi....................................... 43
Gambar 4.11 Sensor Infra Merah Pada Smart Balance Wheel ........................... 44
Gambar 4.12 Pengujian Sensor PIR..................................................................... 44
Gambar 4.13 Sensor RPM Yang Tertanam Pada SBW....................................... 45
Gambar 4.14 Skema Pengujian Sensor Kecepatan............................................... 45
Gambar 4.15 Roda Smart Balance Wheel 6.5 Inch............................................. 45
Gambar 4.16 Grafik Putaran Roda SBW Terhadap Duty Cycles........................ 48
Gambar 4.16 Display LED Smart Balance Wheel............................................... 51
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi dari tahun ke tahun selalu mengalami kemajuan yang sangat pesat. Banyaknya
fasilitas yang dihasilkan secara langsung berdampak kepada cara hidup manusia.
Menjadikan gaya hidup pengguna teknologi ini semakin mudah dan lebih modern.
Teknologi
saat ini juga sudah mulai merambah ke berbagai bidang kehidupan dan tidak dapat
dipungkiri bahwa teknologi dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja pengguna. Salah satu
teknologi yang sedang berkembang dalam bidang transportasi, baik transportasi
jarak tempuh pendek maupun jarak tempuh jauh, Transportasi adalah pemindahan manusia atau
barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana yang
digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan
manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Salah satu moda transportasi dengan teknologi
baru-baru ini diciptakan yang sekaligus juga sebagai alat olahraga dan mainan.
Alat transportasi modern ini disebut sebagai skuter mini swaimbang atau dalam
bahasa Inggris adalah Smart Balance Wheel.
Smart Balance Wheel ialah alat transportasi jarak pendek dimana
pengguna mengoperasikannya dengan berdiri serta mengontrol gerakan alat itu dengan
kaki serta keseimbangan tubuh. Sebagai penyeimbang gerakan pengguna perangkat
ini menggunakan giroskop yang disematkan pada kedua rodanya. Disebut Smart karena peranti ini telah menggunakan
teknologi cerdas kedalam peranti tersebut, terutama untuk mekanisme pergerakan
motor didalam bannya. Pengoperasian perangkat ini cukup mudah untuk dioperasikan
oleh siapa saja. Pengguna cukup berdiri pada alat tersebut dan mengontrol
keseimbangan tubuh yang selanjutnya bisa mengatur laju maju mundurnya alat
tersebut dengan menekankan kaki pada bagian sensor giroskop.
Pada
perangkat ini terdapat beberapa komponen utama sebagai pengendali kecepatan
laju dan keseimbangan, salah satunya adalah sensor. Perangkat ini menggunakan
beberapa sensor yaitu sensor giroskop, sensor inframerah, dan sensor kemiringan atau kecepatan. Yang mana
dari sensor-sensor tersebut saling berkaitan sehingga perangkat bisa bekerja dengan
nyaman.
Dalam
mengatur laju kecepatan pada perangkat ini pengguna bisa menekankan bagian kaki
pada bantalan sensor yang disediakan pada perangkat, dengan cara menekan kaki
depan jika akan menambah laju kecepatan maju dan tekankan kaki belakang jika
akan menghentikan laju atau rem. Pada perakteknya kontrol setiap orang dalam
menjalankan perangkat ini berbeda-beda, sering kali pengguna reflek menekankan
kaki terlalu menekan ke depan sehingga kecepatan laju perangkat tidak bisa
dikontrol ataupun sebaliknya ketika kaki belakang terlalu menekan bantalan
sensor perangkat akan melaju secara mundur dengan cepat dan sebaliknya untuk
berhenti atau sebagai rem.
Dari
uraian diatas bahwa saat melanjukan perangkat ada beberapa komponen yang
bekerja saat sensor ditekan oleh kaki pengguna. Untuk itu penulis bermaksud
menganalisa cara kerja dari sensor-sensor tersebut sehingga perangkat bisa
bekerja dalan judul riset ANALISA KERJA SENSOR PENGGERAK PADA MINI SKUTER RODA
ELEKTRIK SMART BALANCE WHEEL DI PT.
DELTA INDOTRADA.
1.2
Identifikasi Masalah
Semakin
popular sebuah perangkat pembantu aktifitas manusia maka akan semakin meningkat
juga pengguna perangkat tersebut dan munculnya beberapa permasalah dari
perangkat tersebut. Salah satu permasalah
yang terjadi dari Smart Balance Wheels ini adalah dibagian sensor
penggerak, karena perangkat akan bisa digunakan dan berjalan apabila sensor
penggerak bekerja, maka dari itu peneliti bermaksud mengambil permasalah ini
untuk di analisa, berikut rincian identifikasi masalahnya :
a. Terdapat lebih dari satu
sensor pada perangkat.
b. Untuk mengatur kecepatan
pergerakan perangkat ini berasal dari sensor penggerak.
c. Kontrol setiap orang
dalam mengatur kecepatan yang dihasilkan dari sensor pada perangkat ini
berbeda-beda
d. Sensor penggerak tidak
bekerja saat supplay aliran listrik dari baterai bermasalah atau kurang.
1.3
Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas
maka rumusan malah penulis adalah :
a. Komponen apa saja yang terdapat pada
Smart Balance Wheels ?
b. Sensor apa yang digunakan pada Smart
Balance Wheels ?
c. Bagaimana sensor penggerak bekerja pada
Smart Balance Wheels ?
d. Bagaimana keterkaitan antara
komponen satu dengan lainnya, sensor satu dengan sensor lainnya ?
e. Apa yang terjadi pada sensor
penggerak dan komponen lainnya saat baterai bermasalah ?.
1.4
Batasan Masalah
Penulis menyadari ilmu pengetahuan
yang dimiliki terbatas, adapun batasan masalah pada penelitian ini untuk
membatasi ruang lingkup permasalahan yang ada yaitu sebagai berikut :
a. Tidak Menjelaskan bagaimana
Perangkat ini dibuat.
b. Tidak menjelaskan detail rangkaian
elektronika pada perangkat
c. Tidak menjelaskan detail komponen
elektrik pada perangkat
d. Tidak menjelaskan pemograman pada
perangkat
e. Menjelaskan cara kerja komponen yang
ada pada perangkat
f. Menjelaskan cara kerja sensor
penggerak dari perangkat hingga mengatur kecepatan pergerakan roda yang
dihasilkan dari sensor penggerak.
1.5
Maksud dan Tujuan Penelitian
1.5.1
Maksud
Penelitian
Maksud dari riset
ini adalah untuk mengetahui cara operasi bagian-bagian pada alat transportasi
jarak tempuh pendek tersebut terutaman pada bagian sensor. Sehingga dapat
dijadikan acuan untuk penambahan komponen agar menjadi alat multifungsi atau
bahkan pembuatan alat transportasi baru yang lebih canggih.
1.5.2
Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan penulisan riset ini adalah:
a.
Untuk memenuhi persyaratan kelulusan matakuliah Riset Teknologi
Informasi
b.
Agar bisa mengikuti TA/Skripsi pada semester VIII jurusan
Rekayasa Sistem Komputer di STMIK INDONESIA
c.
Mengetahui carakerja sensor penggerak pada perangkat Smart Balance Wheels
d.
Mengetahui rangkaian elektronika yang terdapat pada perangkat
Smart Balance Wheels
e.
Mengetahui komponen yang ada pada rangkaian elektronika
perangkat Smart Balance Wheels
f.
Menggunakan hasil penelitian ini untuk kemudian dikembangkan
menjadi perangkat lain.
1.6
Metodologi Penelitian
Metode
yang digunakan dalam penulisan riset ini meliputi tiga hal pokok, yaitu:
1.6.1
Metode Analisis
Pada tahap ini penulis
melakukkan beberapa tahapan, diantaranya :
a. Mengidentifikasi
komponen-komponen yang ada pada perangkat serta mencatatnya
b. Menganalisa cara kerja komponen-komponen
tersebut serta menganalisa keterkaitan antara komponen satu dengan lainnya
c. Survei
mengenai proses pengoperasian perangkat pada pengguna di PT. Delta Indotrada
1.6.2
Metode Pengumpulan Data
Dalam
pengumpulan data penulis melakukan :
a. Wawancara
dengan teknisi PT. Delta Indotrada
Yaitu dengan menanyakan dan mencatat detail
komponen yang ada pada perangkat serta kerusakan apa saja yang sering terjadi.
b. Wawancara dengan pengguna perangkat.
Yaitu dengan menanyakan dan mencatat
bagaimana proses pengguna dalam menyeimbangkan badan saat mengunakan perangkat.
1.6.3
Metode Kepustakaan
Pada
metode ini penulis mempelajari pustaka seperti jurnal, artikel, buku-buku, buku
manual perangkat, dan beberapa website yang berhubungan dengan perangkat.
1.7
Sistematika Penulisan Laporan
Untuk mengetahui
secara ringkas permasalahan dalam penulisan Riset Teknologi Informasi ini, maka
digunakan sistematika penulisan yang bertujuan untuk mempermudah pembaca menelusuri
tulisan riset teknologi informasi ini. Sistematika penulisan ini dibagi menjadi
5 (lima) bagian, yaitu:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang
secara umum, ruang lingkup kerja praktek, waktu dan tempat pelaksanaan riset, tujuan
dan manfaat, serta sistematika penulisan laporan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini menjelaskan teori-teori yang menjadi
acuan dalam penulisan riset, yaitu definisi istilah dan singkatan-singkatan
yang digunakan pada riset ini.
BAB III TINJAUAN ORGANISASI
Pada bab ini penulis menguraikan tentang profil
perusahaan, sejarah perusahaan, struktur organisasi perusahaan dan filosofi di
dalam perusahaan, serta logo perusahaan.
BAB IV PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis menjelaskan proses Riset Teknologi
Informasi yang terdiri dari waktu dan tempat riset, pelaksanaan, Hasil Pengamatan,
Pemecahan Masalah, dan kontribusi selama Riset.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini penulis menjelaskan mengenai kesimpulan
serta saran yang berhasil ditarik dari seluruh pembuatan riset ini yang mungkin
akan bermanfaat bagi PT Delta Indotrada dalam memutuskan kebijakan-kebijakan serta
memasarkan produk berkualitas dan bermanfaat yang akan datang.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1
Teori
Umum
2.1.1
Pengertian
Transportasi
Pengertian
transportasi menurut Steenbrink (1974), transportasi didefinisikan sebagai
perpindahan orang atau barang dengan menggunakan kendaraan atau alat lain dari
dan ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis. Menurut Morlok (1978)
adalah kegiatan memindahkan atau mengangkut sesuatu dari suatu tempat ke tempat
lain. Menurut Bowersox (1981), transportasi adalah perpindahan barang atau
penumpang dari suatu tempat ke tempat lain, dimana produk dipindahkan ke tempat
tujuan dibutuhkan..
Pengertian
transportasi juga dikemukakan oleh Papacostas (1987) dalam Setijadji, Aries
(2006) transportasi didefinisikan sebagai suatu sistem yang terdiri dari
fasilitas tertentu beserta arus dan sistem kontrol yang memungkinkan orang atau
barang dapat berpindah dari suatu tempat ketempat lain secara efisien dalam
setiap waktu untuk mendukung aktifitas manusia. Transportasi dari suatu wilayah
adalah sistem pergerakan manusia dan barang antara satu zona asal dan zona
tujuan dalam wilayah yang bersangkutan. Pergerakan yang dimaksud dapat dilakukan
dengan menggunakan berbagai sarana atau moda, dengan menggunakan berbagai
sumber tenaga, dan dilakukan untuk suatu keperluan tertentu. Proses
transportasi merupakan gerakan dari tempat asal, yaitu darimana kegiatan
pengangkutan dimulai dan ke tempat tujuan, yaitu dimana kegiatan pengangkutan
diakhiri.
Sedangkan
pengertian transportasi secara umum adalah pemindahan barang dan manusia dari
tempat asal ke tempat tujuan. Proses pengangkutan merupakan gerakan dari tempat
asal, dari mana kegiatan angkutan dimulai, ke tempat tujuan, kemana kegiatan
pengangkurtan diakhiri. Perpindahan dapat menempuh jarak yang dekat, sedang maupun
jauh. Contoh alat transportasi perpindahan untuk jarak
yang jauh, seperti dari tempat kerja ke tempat tinggal, dari satu kota ke kota
lain maupun dari satu negara ke negara lain. Pada keseharian, terdapat alat
transportasi atau alat bantu perpindahan jarak sedang di antaranya tangga
berjalan (eskalator), ban berjalan (eskavator), atau papan yang dipakai untuk
meluncur dari dataran yang lebih tinggi.
2.1.2
Pengertian
Sensor
Sensor
adalah peralatan yang digunakan untuk mengubah suatu besarab fisik menjadi
besaran listrik sehingga dapat dianalisa dengan rangkaian listrik tertentu.
Hampir seluruh peralatan elektronik yang ada mempunyai sensor didalanya. Pada
saat ini, sensor tersebut telah dibuat dengan ukuran sangat kecil. Ukuran yang
sangat kecil sangat memudahkan pemakaian dan menghemat energi. Sensor merupakan
bagian dari transducer yang berfungsi unutk melakukan sensing atau “ merasakan
dan menangkap “ adanya perubahan energi eksternal yang akn masuk ke bagian
input dari transducer, sehingga perubahan kapasitas energi yang ditangkap
segera dikirim kepada bagian konverter dari transducer untuk diubah menjadi
energi listrik. Dalam lingkungan sistem pengendali dan robotika, sensor
memberikan kesamaan yanag menyerupai mata, pendengaran, hidung, lidah yang
kemudian akan diolah oleh kontroler sebagai otaknya. (Petruzella, 2001).
2.1.3
Jenis
Sensor
2.1.3.1
Sensor
Proximity
Gambar
2.1 Sensor proximity
dan rangkainnya
Sumber :( https://en.wikipedia.org/wiki/Proximity_sensor)/( https://bocah-cakil.blogspot.com/2011/07/rangkaian-sensor-proximity-rangkaian.html)
Sensor
proximity merupakan sensor atau saklar yang dapat mendeteksi adanya target
jenis logam dengan tanpa adanya kontak fisik.Biasanya sensor ini tediri dari
alat elektronis solid-state yang terbungkus rapat untuk melindungi dari
pengaruh getaran, cairan, kimiawi, dan korosif yang berlebihan. Sensor
proximity dapat diaplikasikan pada kondisi penginderaan pada objek yang
dianggap terlalu kecil atau lunak untuk menggerakkan suatu mekanis saklar.
Proximity hanya mendeteksi "keberadaan" dan tidak memberi
"kuantitas" dari obyek. Maksudnya, jika mendeteksi logam maka
keluaran dari detektor hanya "ada" atau "tidak ada" logam.
Proximity tidak memberikan informasi tentang kuantitas logam seperti jenis
logam, ketebalan, jarak, suhu dan lain - lain. Jadi hanya "ada atau tidak
ada" logam. Juga sama untuk non logam. Proximity untuk logam biasanya
dengan "inductive proximity" sedang untuk non logam dengan "capacitive
proximity" Didepan disebutkan "perangkat" karena sensor
proximity sudah merupakan sirkuit yang terdiri dari beberapa komponen untuk
dirangkai menjadi sebuah sistem yang bekerja sebagai proximity sensor. (Priyo
Jatmiko, hal 39 ,2015).
2.1.3.2
Sensor
Magnet
Sensor
Magnet atau disebut juga relai buluh, adalah alat yang akan terpengaruh medan
magnet dan akan memberikan perubahan kondisi pada keluaran. Seperti layaknya
saklar dua kondisi (on/off) yang digerakkan oleh adanya medan magnet di
sekitarnya. Biasanya sensor ini dikemas dalam bentuk kemasan yang hampa dan
bebas dari debu, kelembapan, asap ataupun uap. (Priyo Jatmiko, hal 40 ,2015)
2.1.3.3
Sensor
Sinar / Cahaya
Gambar
2.2 Sensor Cahaya
dan Rangkiannya
Sumber
: http://elektronikadasar.info/sensor-cahaya.htm)( http://belajarlistrik.com/cara-membuat-sensor-cahaya-dengan-ldr/)
Sensor
sinar terdiri dari 3 kategori. Fotovoltaic atau sel solar adalah alat sensor
sinar yang mengubah energi sinar langsung menjadi energi listrik, dengan adanya
penyinaran cahaya akan menyebabkan pergerakan elektron dan menghasilkan
tegangan. (Priyo Jatmiko, hal 42 ,2015).
Demikian
pula dengan Fotokonduktif (fotoresistif) yang akan memberikan perubahan tahanan
(resistansi) pada sel-selnya, semakin tinggi intensitas cahaya yang terima,
maka akan semakin kecil pula nilai tahanannya. Sedangkan Fotolistrik adalah
sensor yang berprinsip kerja berdasarkan pantulan karena perubahan posisi/jarak
suatu sumber sinar (inframerah atau laser) ataupun target pemantulnya, yang
terdiri dari pasangan sumber cahaya dan penerima.
2.1.3.4
Sensor
Ultrasonik
Gambar
2.3
Sensor Ultrasonik HC SR-04 dan
Rangkaiannya
Sensor
ultrasonik bekerja berdasarkan prinsip pantulan gelombang suara, dimana sensor
ini menghasilkan gelombang suara yang kemudian menangkapnya kembali dengan
perbedaan waktu sebagai dasar penginderaannya. Perbedaan waktu antara gelombang
suara dipancarkan dengan ditangkapnya kembali gelombang suara tersebut adalah
berbanding lurus dengan jarak atau tinggi objek yang memantulkannya. Jenis
objek yang dapat diindera diantaranya adalah: objek padat, cair, butiran maupun
tekstil.
2.1.3.5
Sensor
Tekanan
Gambar 2.4 Sensor Tekanan dan Ragkaiannya
Sensor
tekanan ini memiliki transduser yang mengukur ketegangan kawat, dimana mengubah
tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. Dasar penginderaannya pada perubahan
tahanan pengantar (transduser) yang berubah akibat perubahan panjang dan luas
penampangnya.
2.1.3.6
Sensor
Kecepatan (RPM)
Gambar
2.5 Sensor
Kecepatan dan Rangkaiannya
(Sumber:http://www.info-elektro.com/2013/02/sensor-kecepatan-motion-sensor.html)(http://skemaelectronics.blogspot.com/2013/04/rangkaian-sederhana-pengendali-motor.html)
Proses
penginderaan sensor kecepatan merupakan proses kebalikan dari suatu motor,
dimana suatu poros/object yang berputar pada suatui generator akan menghasilkan
suatu tegangan yang sebanding dengan kecepatan putaran object. Kecepatan putar
sering pula diukur dengan menggunakan sensor yang mengindera pulsa magnetis
(induksi) yang timbul saat medan magnetis terjadi.
2.1.3.7
Sensor
Penyandi (Encoder)
Sensor
Penyandi (Encoder) digunakan untuk mengubah gerakan linear atau putaran menjadi
sinyal digital, dimana sensor putaran memonitor gerakan putar dari suatu alat.
Sensor ini biasanya terdiri dari 2 lapis jenis penyandi, yaitu; Pertama,
Penyandi rotari tambahan (yang mentransmisikan jumlah tertentu dari pulsa untuk
masing-masing putaran) yang akan membangkitkan gelombang kotak pada objek yang
diputar.
Kedua,
Penyandi absolut (yang memperlengkapi kode binary tertentu untuk masing-masing
posisi sudut) mempunyai cara kerja sang sama dengan perkecualian, lebih banyak
atau lebih rapat pulsa gelombang kotak yang dihasilkan sehingga membentuk suatu
pengkodean dalam susunan tertentu.
2.1.3.8
Sensor
Suhu
Terdapat
4 jenis utama sensor suhu yang umum digunakan, yaitu thermocouple (T/C),
resistance temperature detector (RTD), termistor dan IC sensor. Thermocouple
pada intinya terdiri dari sepasang transduser panas dan dingin yang
disambungkan dan dilebur bersama, dimana terdapat perbedaan yang timbul antara
sambungan tersebut dengan sambungan referensi yang berfungsi sebagai
pembanding. Resistance Temperature Detector (RTD) memiliki prinsip dasar pada
tahanan listrik dari logam yang bervariasi sebanding dengan suhu. Kesebandingan
variasi ini adalah presisi dengan tingkat konsisten/kestabilan yang tinggi pada
pendeteksian tahanan.
Gambar
2.6
Sensor Suhu dan Contoh Rangkaiannya
Jenis
ini sangat peka dengan perubahan tahan 5% per C sehingga mampu mendeteksi
perubahan suhu yang kecil. Sedangkan IC Sensor adalah sensor suhu dengan
rangkaian terpadu yang menggunakan chipsilikon untuk kelemahan penginderanya.
Mempunyai konfigurasi output tegangan dan arus yang sangat liner.
2.1.3.9
Sensor
Giroskop
Gambar 2.7 Sensor Gyroskop MPU-6050
Sensor gyroscope adalah sensor elektronik
yang berfungsi untuk menentukan orientasi gerak dengan cara bertumpu pada
sebuah roda atau cakram yang berotasi dengan kecepatan tinggi pada sumbu
tertentu. Sensor gyro memiliki kemampuan dapat mendeteksi gerakan sesuai gravitasi,
atau dapat mendeteksi gerakan penguna.
a.
Perinsip Kerja
Sensor
gyroscope dapat mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau gerakan
pengguna. Sebelum digunakan, sensor gyro terlebih dahulu dilakukan
menggunakan bantuan bandul guna mendapatkan nilai faktor kalibrasi. Output
dari sensor gyro berupa kecepatan sudut dari arah 3 sumbu, yakni sumbu x
(kanan kiri), sumbu y (atas bawah), dan sumbu z (depan belakang).
Gambar 2.8 Ilustrasi Prinsip
Kerja Gyroskop
b.
Kegunaan
1)
Di masa lalu, gyroscope sudah digunakan untuk navigasi,penggunaan
kontrol rudal, dan penerbangan.
2)
Pada ponsel android Gyroscope dapat memberikan informasi
orientasi tapi dengan lebih presisi sampai perputaran 360 derajat. Berkat
sensor khusus ini, fitur kamera Android photo sphere dapat memberikan informasi
berapa banyak perangkat telah diputar dan ke arah mana
3)
Gyroscope juga diterapkan pada game yang kebanyakan yaitu
berupa game android dimana penggunaan pada game contohnya adalah sebuah game
berbasis 3D dan memiliki ruang yang cukup luas, sebagai contoh pada sebuah game
biasanya kita harus mengusap layar ke berbagai arah untuk melihat ruang
disekitar,namun dengan adanya alat ini pengguna hanya harus menggerakan gadget
searah dengan arah yang diinginkan.
c.
Kelebihan dan
Kekurangan
Kelebihan penggunaan giroskop ini adalah :
1)
Dapat mendeteksi gerakan dari segala arah.
2)
Hasil gambar yg di hasilkan dari gerakan lebih halus/tidak
patah-patah seperti pada
accelerometer.
3)
Tidak di pengaruhi oleh gravitasi.
Dan kekurangannya adalah :
1)
Harganya yang cukup mahal.
2)
Hanya dapat digunakan jika ada accelerator.
2.1.3.10
Sensor Inframerah
Gambar 2.9 Sensor Infrared
Infrared (IR) detektor atau sensor infra
merah adalah komponen elektronika yang dapat mengidentifikasi cahaya infra
merah (infra red, IR). Sensor infra merah atau detektor infra merah saat ini
ada yang dibuat khusus dalam satu modul dan dinamakan sebagai IR Detector
Photomodules. IR Detector Photomodules merupakan sebuah chip detektor
inframerah digital yang di dalamnya terdapat fotodiode dan penguat (amplifier). Bentuk dan Konfigurasi Pin IR
Detector Photomodules TSOP.
Untuk
sensor elektronik dengan menggunakan Infra Merah diperlukan pemancar Infra
Merah yang dapat menghasilkan gelombang Infra Merah dan pendeteksi Infra Merah
yang dapat mendeteksi gelombang Infra Merah. Infra Merah adalah suatu gelombang
cahaya yang mempunyai panjang gelombang lebih tinggi dari pada cahaya merah.
Table 2.1 menunjukkan spektrum cahaya tampak dan cahaya Infra Merah.
Sinar
infra merah tergolong ke dalam sinar yang tidak tampak. Jika dilihat dengan
spektroskop sinar maka radiasi sinar infra merah tampak pada spektrum gelombang
elektromagnet dengan panjang gelombang diatas panjang gelombang sinar merah.
Dengan panjang gelombang ini, sinar infra merah tidak dapat dilihat oleh mata
tetapi radiasi panas yang ditimbulkannya masih terasa. Sinar infra merah tidak
dapat menembus bahan-bahan yang mana sinar tampak tidak dapat menembusnya.
a. Karakteristik
Inframerah
1) Bentukya
tidak terlihat dengan kasat mata atau mata telanjang.
2) Timbulnya
diakibatkan oleh komponen-komponen pendukung seperti panas.
3) Tidak
dapat menembus materi yang tidak tembus pandang.
4) Merupakan
salah satu teknologi yang tembus pandang.
5) Panjang
gelombang pada infra merah memiliki hubungan yang berlawanan atau berbanding
terbalik dengan suhu. Ketika suhu mengalami kenaikan, maka panjang gelombang
mengalami penurunan.
b.
Jenis-jenis Inframerah
Sinar
Infra Merah akan terlihat, jika dilihat dengan menggunakan spektroskop cahaya
dengan begitu maka radiasi cahaya infra merah akan nampak pada spectrum
elektromagnet yang mana panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya
merah. Dengan adanya panjang gelombang maka cahaya infra merah yang ada, tidak
akan terlihat oleh mata telanjang. Walaupun begitu radiasi yang dihasilkan
yaitu panas, akan terasa atau terdetaksi oleh kulit tubuh. Infra Merah dapat
dibedakan menjadi tiga daerah, yaitu:
1) Infra
merah jarak dekat (Near Infra Red) dengan panjang gelombang 0.75 – 1.5 µm.
2) Infra
merah jarak menengah (Mid Infra Red) dengan panjang gelombang 1.50 – 10 µm.
3) Infra
merah jarak jauh (Far Infra Red) dengan panjang gelombang 10 – 100 µm.
2.2
Teori Khusus
2.2.1
Pengertian Smart Balance Wheel
Gambar 2.10 Smart Balance Wheel
Smart
Balance Wheel adalah alat transportasi listrik berteknologi tinggi jarak
pendek, yang didasarkan pada prinsip-prinsip keseimbangan dinamis dapat
bergerak maju, mundur, dan berhenti. Keuntungan dari Smart Balance Wheel adalah: pengoperasian yang mudah, kontrol
fleksibel, karbon rendah, perlindungan lingkungan hijau dan cocok untuk
trotoar. Smart Balance Wheels sering digunakan dalam olahraga, berjalan, wisata
pemandangan, patroli keamanan dan bidang lainnya. Perangkat ini bertenaga
listrik, dan bisa isi daya layaknya charging handphone.
Perangkat ini diciptakan dalam bentuknya saat ini pada awal
2013, dan mulai diproduksi masal pada tahun 2014. Perangkat ini memiliki dua
6,5 inci (170 mm) - 8 inci (200 mm) diameter roda terhubung ke mekanisme
kontrol menyeimbangkan diri menggunakan built-in gyroscopic dan pad sensor . Dengan memiringkan pada pengendara
dapat mengontrol kecepatan dan arah perjalanan mencapai kecepatan antara 6 mil
per jam (9,7 km / jam) dan 15 mil per jam (24 km / jam) dengan jangkauan
hingga 12 mil (19 km) tergantung pada model, medan, berat pengendara dan faktor
lainnya.
2.2.2
Komponen Smart
Balance Wheel
Ada beberapa bagian di bawah permukaan yang
mendikte bagaimana sebuah hoverboard bekerja. Dari teknologi sensor ke
motherboard utama, ada banyak hal yang bisa mengungkap - secara harfiah.
Berikut komponen pada smart balance wheels :
1.
Bingkai baja dengan
perangkat pivot sentral
2.
Kulit luar plastik
untuk penahanan dan perlindungan
3.
Logika board (papan
sirkuit tercetak utama, atau motherboard)
4.
(2) Giroskop
5.
(2) Sensor inframerah
(satu untuk setiap kaki)
6.
(2) Motor listrik
(satu untuk setiap kaki yang terletak di dalam setiap roda)
7.
(2) Sensor kemiringan
/ kecepatan (satu untuk setiap kaki yang terletak di dalam setiap roda)
8.
Bantalan tekanan
dengan (2) switch pada masing-masing, satu di depan dan satu di belakang
9.
Lampu LED
10.
Charging port
11.
Paket baterai
12.
Sakelar daya
Gambar 2.11 Beberapa
komponen pada smart balance wheel
BAB III
TINJAUAN ORGANISASI
3.1
Profil Perusahaan
PT
DELTA INDOTRADA Sejak tahun 1997 dikenal dengan nama delta cellular berlokasi
di ITC Roxy Mas lantai 1 no 35–36 Jakarta Pusat. Awal dari kemunculan delta
cellular ditandai dengan perkembangan yang cukup pesat dibidang usaha
komunikasi (selular). Hal ini ditandai dengan kemunculan berbagai operator
selular di Indonesia, yang diikuti oleh produk ponsel dari berbagai macam
aksesoris gadgets, tipe, merek, dan model.
Dengan perkembangan usaha
dibidang komunikasi yang mempunyai prospek cerah ini, maka delta cellular
memfokuskan pada usaha dalam penyediaan Accesories Gadgets. Sebagai hasil
reformasi dari usaha Accesories Gadgets, “delcell” adalah merek produk
accessories handphone yang dikembangkan oleh delta cellular yang sudah mendapat
pengakuan dari lembaga merek Indonesia, dan berbagai jenis produk aksesoris
ponsel yang telah dikembangkan dan bermunculan produk unggulan delcell. Selain
Delcell sebagai brand dari PT. Delta Indotrada juga menciptakan brand store
untuk penyedia produk hobies seperti sepeda, sagway dan hoverboard.
Mengantisipasi perkembangan usaha yang semakin besar, persaingan hebat dibidang
komunikasi dan prasarana kendaraan maka pada tahun 2008 delta cellular
membentuk badan usaha perseroan dengan nama PT Delta Indotrada.
PT. Delta Indotrada telah
mengembangkan jaringan usaha dengan membuka berbagai pintu gerai Accesories
Gadgets maupun Sepeda disekitar wilayah Jabotabek :
4)
ITC Roxy Mas, Lt.2 No.9C Jl. KH. Hasyim Ashari Jakarta Pusat 10150 Telp.
021 68277477
5)
DELTACYCLES PIE, Plaza Indonesia Extension L4 E02-B-i (posisi dekat
Dante Coffee) Jakarta Telp. 02129923645
3.2
Delta Cycles
DeltaCycles adalah bagian dari Delta Indotrada Group, yang
merupakan perusahaan milik dan dijalankan keluarga. Dengan lebih dari 21 tahun
sejarah dan tradisi dalam memberikan pilihan,
nilai, kualitas dan layanan yang sangat baik kepada pelanggan. Delta Indotrada
Group adalah salah satu pemasok gadget
dan aksesoris seluler independen terkemuka di Jakarta.
DeltaCycles
memiliki banyak pilihan sepeda lipat, sepeda listrik dan perangkat Swaimbang di
semua tingkat harga, berbagai macam aksesori mutakhir dan berteknologi tinggi
di Jakarta. Merek Delta Cycles membawa dan berdiri di belakang Strida,
Brompton, Birdy, Carry Me, Montague, Trelock, Dosun dan lain-lain.
3.3
Struktur
Organisasi
Gambar
3.1
Struktur Organisasi PT. Delta Indotrada
(Sumber : Admin PT. Delta Indotrada)
3.4
Tugas
dan Tanggung Jawab
a.
Director / Owner
Owner adalah
pemilik usaha, dimana segala keputusan dan kebijakan serta pengawasan jalannya
usaha ditentukan olehnya.
b. Manager Marketing
Bertanggung
jawab terhadap substansi orgarnisasi perusahaan dibawahnya.
Tugas
adalah :
1) Menetapkan tujuan dan sasaran jalannya
operasional perusahaan dan strategi penjualan kepada konsumen
2) Membuat analisa terhadap pangsa pasar dan
menentukan strategi penjualan terhadap konsumen atau pelanggan
3) Menganalisis laporan yang dibuat oleh bawahannya.
4) Mengoptimalkan kerja staf dan administrasi
dibawah wewenangnya untuk mencapai tujuan perusahaan
5) Memberikan pelayanan yang prima kepada setiap
konsumen atau pelanggan
6) Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan
hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
7) Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan
membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran.
d. Marketing
Tim marketing bertanggung jawab untuk memasarkan
produk serta menjalani strategi pemasaran yang dihasilkan dari keputusan
manager marketing, serta mempunyai wewenang terhadap calon konsumen atau
konsumen yang di handling-nya
Substansi dari tim ini adalah :
1) Retail : Tim retail
memasarkan produk melalui toko atau outlet perusahaan di beberapa mall
2) Sales : Tim sales
memasarkan produk melalui reseller atau
calon reseller yang sudah menjadi konsumen tetap
3) Online : Tim online
memasarkan produk melalui e-commerce yang sudah bekerjasama dengan pwrusahaan
e. Gudang
Tim gudang bertanggung jawab terhadap stok barang serta
mengalokasikan masing stok barang untuk dijual oleh masing-masing tim marketing.
Tugas : Menerima barang datang dari supplier, memproses pesanan
konsumen, dan mengecek kualitas barang
f. Teknisi
Tim teknisi bertanggung jawab atas barang yang tidak lolos pengecekan
kualitas dari gudang dan barang cacat dari konsumen
Tugas : Menerima barang tidak lolos kontrol kualitas, memperbaiki
barang cacat dari konsumen atau yang tidak lolos control kualitas,
meng-estimasikan produk servis sudah siap dikembalikan ke konsumen.
g. Admin/Finance
Tim admin bertanggung jawab terhadap keluar masuknya barang serta
pengecekan keuangan perusahaan.
Tugas : Melakukan penelitian dan analisa keuangan termasuk masalah pajak
melakukan verifikasi ulang atas semua bukti kas, penerimaan dan pengeluaran kas
melakukan verifikasi atas semua buku penjualan tunai, faktur penjualan
dan nota pembelian serta bukti barang dari perusahaan ke konsumen.
h. IT Support
IT
Support bertanggung jawab atas semua perangkat yang digunakan karyawan terutama
komputer.
Tugas
: Memperbaiki kesalahan atau error computer, memperbaiki kesalahan atau error
jaringan, mengontrol penggunaan internet diperusahaan, membuat foto produk,
membuat banner produk untuk siap dipasarkan.
3.5 Pelaksanaan Return dan Service Smart Balance Wheel
Pada tahap ini peneliti berfokus pada
bagian teknisi karena dari bagian ini terdapat informasi mengenai objek
penelitian ini. Sesuai dengan data dan informasi yang peneliti dapatkan selama
melakukan penelitian pada PT. Delta Indotrada. Maka peneliti dapat merumuskan pelanksanaan
ketika ada kerusakan pada adalah sebagai berikut :
Pada bagian teknisi ini bertanggung jawab terhadap produk yang tidak
lolos control kualitas produk dari tim gudang dan menerima produk return dan
servis dari konsumen dikarenakan produk tidak berfungsi dengan baik atau
mengalami kerusakan saat digunakan. Berikut adalah tahapan dalam penerimaan barang cacat di bagian teknisi.
Tidak lolos control kualitas dari tim
gudang :
1. Tim gudang akan menerima barang datang
dari supplier dan menghitunggnya.
2. Setelah di lakukan penghitungan akan
dicek juga kualitaas barang tersebut.
3. Jika barang lolos kontol kulitas
maka tim gudang akan menginformasikan kepada tim sales jumlah barang yang siap
untuk di jual
4. Jika barang tidak lolos kontorl
kualitas maka tim gudang akan menginformasikan kepada tim teknisi jumlah barnag
yang tidak lolos kulaitas tersebut
5. Tim teknisi mengecek kerusakan
barang dari tim gudang
6. Jika barang bisa diperbaiki maka tim
teknisi akan menginformasikan estimasi perbaikan kepada tim gudang
7. Jika barang tidak bisa diperbaiki
maka tim teknisi menginformasikan tim admin agar barang di kembalikan kepada
supplier
Barang
return dari konsumen :
1. Sales menerima barang return dari
konsumen dan menyerahkannya kepada tim teknisi
2. Tim teknisi mengecek kerusakan pada
barang
3. Jika barang bisa diperbaiki, akan
diinformasikan kepada sales estimasi perbaikannya
4. Sales menginformasikan estimasi
service kepada konsumen
5. Jika barang tidak bisa diperbaiki,
maka tim teknisi menginformasikan kepada admin agar barang dikembalikan kepada
supplier
Dari uraian
diatas dapat digambarakan prosesnya dalam diagram blok berikut :
Gambar
3.2 : Diagram Blok Penerimaan Barang Return
Sumber : (Teknisi Pt. Delta Indotrada)
BAB
IV
PEMBAHASAN
4.1 Sistem Kerja Perangkat
Smart
Balance Wheel dirancang sedemikian rupa sehingga masing-masing roda
memiliki Giroskop, sensor infra merah dan sensor kecepatan sendiri . Komponen tersebut ditempatkan di bawah bantalan
tempat pengguna menempatkan kaki. Setelah pengguna menempatkan kaki di bantalan,
Giroskop memberikan data ke motherboard
ketika pengguna miring ke depan atau ke belakang. Ketika pengguna tidak
miring, sensor IR, yang diposisikan di bawah penempatan kaki, memberikan data
ke motherboard untuk tidak bergerak dan tidak menjalankan motor. Ini hasil dari
sensor tersebut mendapatkan tekanan pada bantalan kaki dan memindahkan roda balance.
Ketika dimiringkan ke arah tertentu (depan atau belakang, tergantung pada bantalan kaki)
ke sudut yang ditentukan, data dari giroskop diteruskan ke motherboard untuk menjalankan motor yang memungkinkan roda berputar
dan pengendara bergerak
maju . Lebih banyak
kemiringan dan tekanan akan kecepatan akan bertambah.
Setiap roda akan bergantian bergerak sesuai
dengan giroskop yang mendapatkan tekanan dan sinyal dari motherboard untuk bergerak. Untuk belok kiri , pengguna
akan menggerakkan kaki kanan ke depan, yang hanya akan menggerakkan roda kanan,
menjaga motor dari roda kiri dan belok kiri akan dilakukan. Demikian
pula untuk
belok kanan , kaki kiri harus digerakkan ke depan untuk
miring. Untuk bergerak dalam lingkaran, miringkan kaki manapun di depan.
4.1.1
Bagaimana Smart Balance Mendeteksi Gerakan Pengguna
Ini merupakan bagian yang penting dari
bantalan pijakan di dua switch
masing-masing roda.
Gambar
4.1
Switch Sensor/Sensor IR
Saat pengguna
mencondongkan badan ke depan, sakelar depan ditekan ke bawah, dan sisi bagian
plastik kecil antara LED inframerah dan sensor inframerah.
Gambar 4.2
Letak Sensor Infrared
Selama sensor
mendeteksi cahaya, Motherboard akan memberi
sinyal motor untuk diam. Tetapi ketika lampu terganggu (karena saklar
didorong oleh berat pengguna), motherboard memberitahu motor untuk berputar ke
arah tertentu.
Jadi, misalnya, jika pengguna belok kiri, kaki pengguna
mengaktifkan sakelar kanan depan, membuat roda kanan berputar ke depan,
sementara kaki kiri pengguna mengaktifkan saklar kiri belakang, membuat roda
kiri berputar ke belakang.
Dari
uraian sistem kerja perangkat berikut adalah diagram bloknya :
Gambar
4.3
: Diagram Blok Sistem Kerja Komponen
Sumber : (Teknisi
Pt. Delta Indotrada)
|
Dari beberapa percobaan yang saya
lakukan untuk menganalisa sistem kerja perangkat berikut tabel percobaannya :
Tabel : 4.1 Tabel Percobaan Sistem Kerja
Sumber
: (Percobaan peneliti)
No
|
Tekanan/Gestur User
|
Sistem Kerja Komponen
|
Keadaan Perangkat
|
Gambar Hasil
|
|||
1
|
2 kaki tekan
biasa
|
a. Kedua
sensor IR tetap menyala
b. Sensor
giroskop memberikan roda tetap seimbang
c. Sensor
kecepatan standby
d. Motor/roda
standby
|
Standby
|
|
|||
2
|
2
kaki tekan bantalan depan sekali
|
a. Kedua
sensor IR akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna
memberikan tekanan pada bantalan depan
b. Motherboard
menerima sinyal dari kedua sensor IR dan memberikan data ke sensor giroskop
dan kecepatan
c. Sensor
Giroskop menyeimbangkan perputaran roda
d. Sensor
kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda untuk berputar
e. Motor
menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda
berputar ke depan.
|
Maju
lurus
|
|
|||
3
|
2
kaki tekan bantalan belakang sekali
|
a. Kedua
sensor IR akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna
memberikan tekanan pada bantalan belakang
b. Motherboard
menerima sinyal dari kedua sensor IR dan memberikan data ke sensor giroskop
dan kecepatan Sensor Giroskop menyeimbangkan perputaran roda
c. Sensor
kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda untuk berhenti
d. Motor
menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda
berhenti berputar ke depan.
|
Berhenti/Rem
|
|
|||
4
|
2 kaki tekan
bantalan belakang panjang
|
a. Kedua
sensor IR akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna
memberikan tekanan panjang pada bantalan belakang
b. Motherboard
menerima sinyal dari kedua sensor IR dan memberikan data ke sensor giroskop
dan kecepatan
c. Sensor
Giroskop menyeimbangkan perputaran roda
d. Sensor
kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda untuk berputar ke
belakang
e. Motor
menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan, dan roda
berputar ke belakang.
|
Mundur
|
|
|||
5
|
2 kaki depan
tekan bantalan panjang
|
a. Kedua
sensor IR akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna
memberikan tekanan panjang pada bantalan depan
b. Motherboard
menerima sinyal dari kedua sensor IR dan memberikan data ke sensor giroskop
dan kecepatan
c. Sensor
Giroskop menyeimbangkan perputaran roda
d. Sensor
kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda untuk berputar kedepan
dengan cepat
e. Motor
menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda
berputar ke depan dengan cepat.
|
Tambah
kecepatan
|
|
|||
6
|
Kaki kiri
tekan bantalan depan
|
a. Sensor
IR kiri akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna
memberikan tekanan panjang pada bantalan depan
b. Sensor
IR kanan standby
c. Motherboard
menerima sinyal dari sensor IR kiri dan memberikan data ke sensor giroskop
dan kecepatan
d. Sensor
Giroskop menyeimbangkan perputaran roda kiri
e. Sensor
kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda kiri dan roda kanan
standby
f. Motor
menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda
berputar ke depan dengan cepat.
|
Berputar
ke kanan
|
|
|||
7
|
Kaki kanan
tekan bantalan depan
|
a. Sensor
IR kanan akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna
memberikan tekanan panjang pada bantalan kanan depan
b. Sensor
IR kiri standby
c. Motherboard
menerima sinyal dari sensor IR kanan dan memberikan data ke sensor giroskop
dan kecepatan
d. Sensor
Giroskop menyeimbangkan perputaran roda kanan
e. Sensor
kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda kanan dan roda kiri
standby
f. Motor
menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda kanan
berputar ke depan dengan cepat.
|
Berputar
ke kiri
|
|
|||
8
|
Kaki kiri
tekan bantalan belakang
|
a. Sensor
IR kiri akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna
memberikan tekanan panjang pada bantalan belakang
b. Sensor
IR kanan standby
c. Motherboard
menerima sinyal dari sensor IR kiri dan memberikan data ke sensor giroskop
dan kecepatan
d. Sensor
Giroskop menyeimbangkan perputaran roda kiri
e. Sensor
kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda kiri dan roda kanan
standby
f. Motor
menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda
berputar ke belakang dengan cepat.
|
Berputar
ke kiri
|
|
|||
9
|
Kaki kanan
tekan bantalan belakang
|
a. Sensor
IR kanan akan memberikan sinyal kepada motherboard bahwa ada data pengguna
memberikan tekanan panjang pada bantalan kanan belakang
b. Sensor
IR kiri standby
c. Motherboard
menerima sinyal dari sensor IR kanan dan memberikan data ke sensor giroskop
dan kecepatan
d. Sensor
Giroskop menyeimbangkan perputaran roda kanan
e. Sensor
kecepatan akan memberikan data kecepatan kepada roda kanan dan roda kiri
standby
f. Motor
menerima data dari motherboard, sensor giroskop dan kecepatan dan roda kanan
berputar ke belakang dengan cepat.
|
Berputar
ke kanan
|
|
4.2
Komponen Utama Penggerak Roda
Elektrik
Ada beberapa komponen utama dari
Smart Balance Wheel ini yang
berfungsi sebagai penggerak roda elektrik ketika dioperasikan. Dari teknologi sensor
ke motherboard, ada banyak komponen yang bekerjasama satu sama lain sehingga
perangkat dapat dijalankan.
Berikut adalah komponen utama untuk penggeraknya :
4.2.1 Baterai
Gambar : 4.4 Baterai Smart Balance Wheel
4400mAh
Sumber : (Tim Teknisi)
Smart
Balance Wheel adalah kendaraan jarak dekat yang ramah lingkungan karena
menggunakan daya listrik yang disalurkan melalui baterai. Jenis baterai yang
digunakan adalah baterai jenis Lithium dengan spesifikasi sebagai berikut :
Jenis Baterai : Lithium-iOn
Pengisian Daya : 2- 3 jam
Tegangan : 36V
Kapasitas Awal : 4400mAh (158wh)
Suhu Bekerja : -15 ℃ - 50 ℃
Pengisian Suhu : 0 ℃ - 40 ℃
Penyimpanan Waktu :(-20 ℃ - 25 ℃) 12 bulan
Penyimpanan Kelembaban: 5% - 95%
Baterai ini berfungsi sebagai penyalur
aliran listrik ke semua bagian papan digital pada Smart Balance Wheel.
4.2.2
Motherboard
Ini adalah otak dari Smart
Balance Wheel, yang menghitung data board pada hitungan waktu real. Motherboard
ini menghitung dan mengontrol semua aspek board seperti kecepatan, roda miring,
arah roda berputar dan indikator LED. Sebagai tempat dan kontrol sensor
yang berbeda seperti giroskop dan sensor inframerah.
Smart Balance Wheel yang memiliki mode berkendara yang berbeda (Beginner,
Sport, dan Expert mode) bergantung kontrol daya yang dikirimkan ke
roda. Ini juga mencegah roda berputar secara acak ketika hoverboard berada
dalam mode terkunci yang disebut keadaan stand by.
Pada bagian ini semua kendali dari
perangkat di kontrol, semua bagian-bagian dari perangkat terhubung satu sama
lain. Motherboard ini berfungsinya
sebagai otak dari peranti, proses ini secara otomatis dan berkala memberikan
signal pada alat ini seperti kecepatan, kemiringan roda serta juga sebagai
pengontrol manajemen daya ke roda.
Pada komponen
ini terdapat line sebagai penghubung antar komponen diantaranya:
a. Motor
Hall Line (kabel untuk sirkuit roda)
b. Gyroskop interface (kabel untuk sensor giroskop)
c. Power
interface (kabel unruk baterai)
d. Motor
interface (kabel untuk roda)
e. Switch
Line (kabel untuk sensor infrared)
Pada
motherboard ini terdapat led yang bisa digunakan teknisi untuk mendetaksi
kesalahan saat instalasi atau menperbaiki komponen-komponen smart balance,
berikut adalah indikator kesalahannya.
Tabel
4.2
Tabel Kedip Lampu Kesalahan
Jumlah Lampu Kedip
|
Permasalahan Yang Terjadi
|
0 Kali
|
Ini menunjukkan bahwa tiga kabel individual
yang keluar dari motherboard ke roda longgar.
|
1 Kali
|
Ini menunjukkan bahwa kabel penghubung dari
motherboard ke papan sirkuit gyroscope longgar di sisi yang memiliki saklar
daya.
|
2 Kali
|
Ini menunjukkan bahwa kabel penghubung dari
motherboard ke papan sirkuit gyroscope longgar pada sisi yang memiliki
baterai.
|
3 Kali
|
Ini menandakan ada masalah dengan motor. Biasanya korsleting. |
4 Kali
|
Ini menunjukkan bahwa ada kesalahan dengan kabel yang menghubungkan motherboard ke motor roda. |
5 Kali
|
Ini menunjukkan bahwa ada kesalahan dengan kabel yang menghubungkan motherboard ke motor roda. |
6 Kali
|
Ini menunjukkan bahwa ada masalah dengan baterai. Baterai akan harus diganti atau diisi dengan benar. |
7 Kali
|
Ini menandakan ada masalah dengan papan sirkuit giroskop di sisi baterai. |
8 Kali
|
Ini menandakan ada masalah dengan papan sirkuit giroskop di sisi baterai. |
Gambar
4.5
Sketsa Motherboard
Gambar
4.6
Motherboard Smart Balance Wheel
Gambar
4.7
Rangkaian Digital Motherboard
4.2.3
Sensor
Dalam
membaca gerakan pengguna perangkat ini menggunakan beberapa sensor yang di
sematkan pada pada bantalan pijakan dan roda. Pada roda terdapat sensor
kemiringan/kecepatan dan sensor giroskop, pada bagian bantalan pijakan terdapat
sensor sensor inframerah.
4.2.3.1
Sensor Giroskop
Gambar 4.8 Sensor Giroskop pada Smart Balance Wheel
Sumber (https://manseemanwant.com/products/hoverboard-gyroscope-sensor-board-parts-side-for-6-5-8-10inch)
Sensor Giroskop berisi sumbu tunggal sensor
gyroscopic yang mendeteksi rotasi dan mengembalikan nilai yang mewakili jumlah derajat
rotasi per detik. Gyro Sensor dapat mengukur sampai + / - 360 ° per detik
rotasi. Sensor Giroskop terhubung ke port sensor NXT menggunakan kabel NXT
standar dan menggunakan sensor analog antarmuka. Tingkat rotasi dapat dibaca
sampai kira-kira 300 kali per detik,
Kedua sensor ini menyeimbangkan board
pada dua roda. Bergantung pada informasi yang siberikan oleh motehrboard,
dan menentukan sejauh mana pengguna miring ke depan / belakang, dan bekerja
untuk membatalkan efek kemiringan, sehingga menjaga Smart Balance Wheel
seimbang dan stand by.
Pengujian yang dilakukan untuk sensor gyroscope adalah melihat kecepatan
sudutnya dalam bentuk grafik. Pengujian sensor gyroscope dilakukan saat keadaan
diam (tidak berotasi) dan berotasi (searah dan berlawanan arah
jarum jam).
Hasil pengujian ditunjukkan pada Gambar 4.9 dan Gambar 4.10
Waktu x 100 ms
Gambar 4.9 : Grafik Sensor Giroskop
saat diam atau tidak berotasi
Waktu x 100 ms
Gambar 4.10 : Grafik Sensor Giroskop saat berotasi
Sumber : (Pengujian
Alat)
4.2.3.2
Sensor Infra
Merah
Gambar 4.11 Sensor Infra Merah pada Smart Balance Wheel
Sensor ini
memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat. Bantalan tekanan
dipasang di atas sepasang switch; saat pengendara menggunakan tekanan pada
bantalan, sakelar ditekan ke bawah, yang pada gilirannya mengontrol cahaya yang
ditransmisikan dari LED inframerah ke sensor. Perintah demikian
ditransmisikan ke motherboard dan tergantung pada arah tekanan kaki, Smart Balance Wheel bergerak atau diam.
Pada pengujian
infra red ini dilakukan dengan cara menyimpan salah satu benda yang dapat
menghalangi pancaran dari infra red tersebut, sehingga output dari sensor ini
dapat dibedakan pada saat kondisi terhalang dan tidak terhalang.
Gambar 4.12
Pengujian Sensor PIR
Tabel 4.3
Tabel Hasil Pengujian Sensor IR
Kondisi
|
Output
Tegangan
|
Logika
|
Terhalang
|
0.034 Vdc
|
0 (Low)
|
Tidak Terhalang
|
3.8 Vdc
|
1 (High)
|
Jarak
jangkauan infra red ini berada pada 50 Cm dari pemancar, ketika jarak tersebut
melebihi jarak jangkauan maka sensor infra red tidak dapat mendeteksi adanya
halangan. Sensor infra red ini bekerja berdasarkan pada kondisi terhalang atau
tidaknya pancaran sinar infra red dari pemancar ke penerima infra red. Daya
pancar dari pemancar infra red ini ditentukan oleh supply tegangan dan arus
yang masuk ke rangkaian pemancar infra red
4.2.3.3 Sensor
Kemiringan dan Kecepatan
Gambar
4.13 Sensor RPM yang tertanam pada roda SBW
Masing-masing
roda memiliki motor listrik di dalamnya, yang disertai dengan sensor kemiringan
dan sensor kecepatan. Sensor ini mendeteksi revolusi per menit (rpm) dari
roda individu dan mengirim informasi ke giroskop dan modul kontrol kecepatan di
motherboard. Pengiriman daya ke motor listrik dari baterai dikendalikan oleh
motherboard.
Gambar 4.14 Skema Pengujian Sensor Kecepatan
Pengujian sensor kecepatan dilakukan dengan menggunakan bantuan alat ukur busur derajat
dan mistar ukur. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh sudut kemiringan
maksimal untuk posisi maju sebesar 50dengan nilai I2C sebesar 24. Kemiringan
maksimal untuk posisi mundur sebesar 120dengan nilai I2C sebesar 2.
4.2.4
Motor/ Roda
Gambar
4.15 Roda Smart Balance Wheel 6.5 inch
Sesuai dengan namanya Smart
Balance Wheel, perangkat ini mempunyai roda sebagai komponen motor
perangkat untuk berpindah dari suatu tempat ketempat lain. Roda ini akan
berputar ketika mendapatkan sinyal gesture pengguna dari sensor-sensor yang
ada. Kecepatan perputaran roda akan bertambah ketika pengguna menekankan kaki
lebih panjang pada pedal.bantalan sensor.
Spesifikasi
:
- Bahan : Paduan + ABS
- Ukuran : 17 * 5.7cm
- Ukuran : 17 * 5.7cm
- Diameter Luar Roda : 6,5 inci beberapa ada yang
sampai 8 inci
- Panjang kabel : 26cm
- Daya Motor : 350w, brushless
- Tegangan : 36V
- Panjang kabel : 26cm
- Daya Motor : 350w, brushless
- Tegangan : 36V
- Kecepatan : 800rpm
- Kecepatan maksimum : 15-18 km / jam
- Kecepatan maksimum : 15-18 km / jam
- Memuat berat :240 lb
Metoda yang digunakan untuk menguji kecepatan
putaran motor DC ialah PWM 8 bit dan menggunakan tachometer digital untuk pengukuran putaran
roda kanan dan kiri Smart Balance Wheel
Tabel 4.4 Hasil
Pengujian Motor/Roda
Sumber :(Pengujian)
Duty
Cycle (%)
|
Putaran
Roda Kiri (r/min)
|
Putaran
Roda Kanan (r/min)
|
0
|
0
|
0
|
10
|
125
|
126
|
20
|
258
|
259
|
30
|
274
|
274
|
40
|
304
|
305
|
50
|
322
|
323
|
60
|
332
|
333
|
70
|
338
|
340
|
80
|
342
|
345
|
90
|
354
|
356
|
100
|
364
|
368
|
Gambar 4.16 Grafik Putaran Roda SBW
Terhadap Duty Cycle
Pada hasil pengujian putaran roda kiri dan
kanan terdapat perbedaan putaran roda kiri dan kanan pada Smart Balance Wheel.
Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu tingkat ketegangan rantai dan
pemasangan baut pengikat pada motor, serta kesalahan dalam pengukuran
menggunakan alat ukur yang dikalibrasi. Untuk hasil yang maksimal putaran roda
kiri dan kanan haruslah sama sehingga diperlukan sinkronisasi roda kiri dan
kanan Smart Balance Wheel.
a.
Pengukuran Putaran Roda SBW Kondisi Maju
No
|
Sudut Kemiringan
|
Putaran Roda Kiri (r/min)
|
Putaran Roda Kanan (r/min)
|
1
|
00
|
0
|
0
|
2
|
10
|
183
|
184
|
3
|
20
|
234
|
235
|
4
|
30
|
287
|
288
|
5
|
40
|
337
|
339
|
6
|
50
|
360
|
362
|
Tabel 4.5 Data Pengujian Kondisi Maju SBW
Berdasarkan tabel diatas, dapat terlihat
bahwa putaran roda yang terjadi berbanding lurus dengan sudut kemiringan yang
terjadi pada Smart Balance Wheel. Akan tetapi terdapat perbedaan putaran roda
kiri dan kanan karena beberapa faktor. Proses pengukuran dilakukan dengan
menaruh segway di atas sebuah bangku tanpa pengendara dan memulai proses
pengukuran dengan busur derajat dan tachometer.
b.
Pengukuran Putaran Roda SBW
Kondisi Mundur
No
|
Sudut Kemiringan
|
Putaran Roda Kiri (r/min)
|
Putaran Roda Kanan (r/min)
|
1
|
00
|
0
|
0
|
2
|
20
|
80
|
81
|
3
|
40
|
83
|
84
|
4
|
30
|
90
|
90
|
5
|
60
|
100
|
101
|
6
|
80
|
150
|
152
|
7
|
120
|
170
|
171
|
Tabel 4.6 Data Pengujian Kondisi Mundur SBW
Berdasarkan
tabel diatas, dapat terlihat bahwa putaran roda yang terjadi berbanding lurus
dengan sudut kemiringan yang terjadi pada Smart Balance Wheel . Akan tetapi terdapat
perbedaan putaran roda kiri dan kanan karena beberapa faktor. Putaran roda Smart
Balance Wheel saat mundur diatur agar lebih rendah dibandingkan dengan putaran
untuk kondisi maju Smart Balance. Hal ini dilakukan agar pengendara tetap aman
saat Smart Balance Wheel berjalan mundur. Proses pengukuran dilakukan dengan
menaruh Smart Balance Wheel di atas sebuah bangku tanpa pengendara dan proses
pengukuran dilakukan dengan menggunakan busur derajat dan tachometer.
c.
Sistem Belok Smart Balance
Wheel
Berdasarkan data
pengujian sistem belok Smart Balance Wheel, hasil yang diperoleh telah sesuai
dengan apa yang terjadi saat pemakaian, yaitu sistem belok yang baik dan aman.
Pada saat kondisi belok kiri terjadi reduksi putaran roda kiri dan untuk
kondisi belok kanan terjadi reduksi putaran pada roda kanan. Pengukuran
dilakukan dengan menggunakan menaruh Smart Balance Wheel di atas bangku dan
proses pengukuran dilakukan dengan menggunakan tachometer pada kondisi
kecepatan maksimal Smart Balance Wheel maju.
No
|
Sudut Kemiringan
|
Sistem Belok Kiri
|
Sistem Belok Kanan
|
||
Putaran Roda Kiri (r/min)
|
Putaran Roda Kanan (r/min)
|
Putaran Roda Kiri (r/min)
|
Putaran Roda Kanan (r/min
|
||
1
|
00
|
350
|
352
|
350
|
347
|
2
|
40
|
330
|
351
|
351
|
331
|
3
|
80
|
312
|
352
|
351
|
313
|
4
|
120
|
389
|
352
|
352
|
291
|
5
|
160
|
270
|
350
|
350
|
268
|
6
|
200
|
258
|
351
|
352
|
255
|
Tabel 4.7 Hasil Pengujian Akhir Motor.Roda
SBW
4.2.5
Display / LED
Gambar
4.17 Diplasy LED Smart Balance Wheel
Sumber
: (Pengujian)
Papan display terletak di tengah-tengah Self
Balancing skuter roda dua. Ini menampilkan informasi berjalan Self Balancing
skuter roda dua.
d. Baterai Tampilan: lampu LED hijau ini hingga
menunjukkan Self Balancing skuter terisi penuh, lampu kuning LED upmenyala
untuk menunjukkan kekuatan turun sampai 50%, lampu LED merah menyala
menunjukkan daya turun ke 20%, ketika lampu LED menjadi merah, silakan mengisi
ulang.
e. Menjalankan LED: Ketika operator memicu
pergerakan kaki, LED berjalan akan menyala yang berarti bahwa sistem memasuki
tahap berjalan; ketika sistem memiliki pesan kesalahan lampu LED berjalan akan
berubah menjadi merah.
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisa system kerja sensor
pada smart balance wheel ini, penulis dapat simpulkan beberapa poin untuk
dijadikan bahan pengetahuan bagi penulis, pengguna maupun teknisi :
2. Smart Balance Wheel
ini bisa dijadikan alternatif kendaraan masyarakat untuk menempuh jarak pendek.
Selain memperpendek jarak tempuh pengguna untuk melakukan penjalanan juga untuk
menghemat tenaga dan waktu. Selain itu perangkat ini juga ramah lingkungan karena
tidak menggunakan bahan bakar melainkan hanya daya listrik dari baterai.
3. Ada
beberapa komponen utama dari Smart
Balance Wheel ini sebagai komponen penggerak, diantaranya baterai sebagai
sumber tenaga, sensor sebagai pendeteksi gerakan pengguna, motor dan roda
sebagai komponen penggerak perangkat, serta motherboard sebagai otak dari
perangkat ini agar semua komponen bisa berjalan.
4. Perangkat
ini pada dasarnya bergerak berdasarkan data sinyal dari sensor-sensor yang
dihubungkan ke motherboard, Sensor inframerah mendapatkan data sinyal
berdasarkan tekanan bantalan injakan kaki pengguna. Sensor giroskop sebagai
sensor keseimbangan bekerja dari sinyal data gesture pengguna yang diperoleh
dari motherboard. Sensor kecepatan sebagai kontrol cepat atau lambatnya laju
perangkat yang diperoleh dari motherboard.
5. Motor
roda akan bergerak jika mendapatkan sinyal data dari motherboard, sensor giroskop dan sensor kecepatan. Kecepatan
perputaran roda akan berambah jika pengguna menekan bantalan injakan lebih
dalam. Begitupun sebaliknya roda akan berhenti perputar ketika mendapatkan
sinyal dari sensor bahwa pengguna menekan bantalan injakan belakang satu kali.
5.2
Saran
Berdasarkan
penelitian ini penulis ingin memberikan saran kepada :
a. Pengguna
:
Walaupun ini merupakan alat kendaraan jarak
tempuh pendek namun dalam peraktiknya pengguna juga harus memakai alat
keselamatan seperti helm dan pelindung lutut. Karena Smart Balance ini bisa dioperasikan hingga kecepatan 24 km / jam.
Sehingga jika terjadi error system atau pengguna mengalami hilang kendali
adalam mengendarai perangkat ini akan tetap aman.
Perawatan
perangkat ini sangat penting agar perangkat bisa digunakan lebih lama oleh
pengguna, berikut cara merawatnya :
1) Membersihkan :
a)
Lepaskan charger jika
masih dalam keadaan pengisian daya
b)
Lap Smart Balance Wheel dengan lap kering, Hindari
menggunakan air atau cairan lain pada Self Balancing skuter roda dua untuk
membersihkan. IP adalah 54. Jika air atau cairan lainnya meresap ke dalam unit,
itu akan menyebabkan kerusakan permanen pada elektronik internal.
2) Penyimpanan
:
a)
Isi penuh baterai
sebelum menyimpan.
b)
Jika menyimpan Smart Balance Wheel lebih dari satu
bulan, silahkan lepaskan baterai dan isi / charge setidaknya setiap tiga bulan.
c)
Jika suhu penyimpanan ambien di bawah 0 ℃, jangan
mengisi. Anda dapat membawa kendaraan ke lingkungan yang hangat (di atas 10 ℃) untuk
pengisian.
d) Untuk mencegah debu, Anda dapat menutupi Smart Balance Wheel.
e)
Simpan Smart
Balance Wheel di dalam ruangan, dalam suhu kering dan cocok. Jika Anda tidak
menggunakannya untuk waktu yang lama, jangan menghubungkan ke kabel pengisian.
b. Bagi
Penelitian Selanjutnya
Bagi para
peneliti selanjutnya, disarankan untuk meningkatkan ketelitian dengan baik
dalam kelengkapan data penelitian.
1)
Hasil penelitian ini bisa
dijadikan acuan untuk dibuatkan perangkat lain yang sejenis namun memiliki
kecanggihan teknologi yang lebih baik.
2)
Hasil penelitian ini
bisa dijadikan acuan untuk menambahkan perangkat atau embedded system lain
kedalam Smart Balance Wheel seperti
speaker, bloutooth dan display informasi jarak tempuh.
DAFTAR PUSATAKA
Bishop,Owen.”
Dasar-dasar Elektronika”. Erlangga; Jakarta, 2002
Jatmiko,
Pryio.”Pengenalan Komponen Industri: part,plc dan touchscreen ”.
Volume
1 dari electric 1 Priyo Jatmiko ; kartanagari, 2015
Neti
Triyanti,” Laporan Akhir Sensor Ultrasonik “ IT Telkom, Jakarta: Kawan
Pustaka,
2010
Manual
Book, “Manual Book Of Smart Balance Wheel” China, 2010
http://www.besthoverboardbrands.org/hoverboard-repair-tutorial-for-loose-
connections-and-recalibration-diy-simple-hoverboard-repair/
https://www.solidrop.net/product/hoverboard-motherboard-hoverboard-control-
circuit-board-scooter-mainboard-for-electric-scooter-replacement-main-
board.html
rangkaian.html
mpx4100ap.html
LEMBAR PENGESAHAN
ANALISA
KERJA SENSOR PENGGERAK PADA MINI SKUTER RODA ELEKTRIK SMART BALANCE WHEEL DI PT. DELTA INDOTRADA
Nama
Mahasiswa I :
Sukmawi
NIM :
31815029
Nama
Mahasiswa II :
Muhammad Taufik
NIM :
31815030
Hari : Selasa
Tanggal : 10
Juli 2018
Disetujui
oleh :
Ketua Jurusan Dosen Pembimbing
Ir. M Thamrin Basri, MM Ir.
Asep Wasid, MMpd
PT.DELTA
INDOTRADA
RUKO ITC Roxy Mas Blok D2/20
Jl KH Hasyim Ashari Jakarta Pusat 10150
Ph.021-6336767
Fax.021-6305035
Hal :
Surat Keterangan Penelitian
No : -
Yang
Bertanda tangan dibawah ini :
Nama :
Fritz Gunawan
Jabatan :
Manager Marketing
Perusahaan : PT. Delta
Indotrada
Alamat : Jl.
KH. Hasyim Ashari Komplek Ruko Roxy
Mas Blok D2 No 20, Cideng Gambir, Jakarta
Pusat 10150
Dengan
ini menerangkan bahwa :
Nama :
Sukmawi
NIM :
31815029
Nama :
Muhammad Taufik
NIM :
31815030
Fakultas : Sistem
Komputer
Universitas : STMIK
INDONESIA
Adalah
benar telah melakukan penelitian dalam rangkan penulisan Riset Teknologi
Informasi yang berjudul “ANALISA KERJA SENSOR PENGGERAK PADA
MINI SKUTER RODA ELEKTRIK SMART BALANCE
WHEEL DI PT. DELTA INDOTRADA” sejak
12 Mei 2018 dampai dengan 05 Juli 2018, dan telah pula membahas materi
penelitiannya dengan kami.
Jakarta, 10 Juli 2018
PT. Delta Indotrada
Fritz Gunawan
Manager Marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar